Home / Berita Satuan / Bertekad Cerdaskan Warga, Babinsa Gugah Minat Baca Anak Prasekolah

Bertekad Cerdaskan Warga, Babinsa Gugah Minat Baca Anak Prasekolah

Kodam Jaya-Jakarta Utara. Kebiasaan membaca masih menjadi hal yang terlalu sulit dibudayakan. Padahal setiap orang telah mengetahui manfaat dan pentingnya membaca buku, yang tidak hanya mencerdaskan otak, tetapi juga menyehatkan fisik. Jika buku adalah jendela dunia maka membaca adalah kuncinya.

Rendahnya budaya membaca juga terjadi di permukiman padat penduduk wilayah RW 04 Kelurahan Ancol Jakarta Utara. Sedikit pihak yang peduli dengan kondisi ini. Adalah Sertu Kastono Babinsa Koramil 02/Penjaringan Kodim 0502/Jakarta Utara termasuk salah satu yang peduli dengan kondisi tersebut. Bersama Kapospol Lodan Polsek Pademangan Aiptu Gusti, Sertu Kastono terjun langsung dengan melakukan gerakan minat baca terutama bagi anak prasekolah.

Menurut Sertu Kastono peran Babinsa bukan sekedar pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial secara umum, tetapi seorang Babinsa harus memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan yang lebih mendasar ditengah warga masyarakat binaannya.

“Untuk membantu pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa seperti tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai cita-cita nasional, peran Babinsa dituntut memiliki kepekaan dalam mengimplementasikannya, salah satunya saya mencoba melakukan gerakan minat baca ini,” ujar Sertu Kastono saat dijumpai dikumpulan anak prasekolah, Rabu ( 21/2/2018).

Ada target yang ingin dicapai Sertu Kastono dan Aiptu Gusti dalam gerakan minat baca ini. “Membaca adalah kunci untuk membuka jendela pengetahuan dunia, kami mulai dari anak prasekolah, harapannya kelak akan tumbuh minat baca dalam diri mereka, sehingga mereka secara langsung akan memiliki pengetahuan yang luas, target inilah yang akan kami capai,” sambung Sertu Kastono.

Kepedulian Sertu Kastono untuk menumbuhkan minat membaca sekaligus untuk mencersdaskan warga binaannya ditengah keterbatasan pemerintah ini mendapat apresiasi positif dari masayarakat.

“Kami sangat mengapresiasi kiprah bapak Babinsa dan bapak Polisi yang untuk mencerdaskan warga melalui gerakan minat baca terutama kepada anak-anak kami yang masih kecil, nanti saat sudah masuk sekolah formal mereka sudah bisa membaca dengan lancar,” ujar Sukirno salah seorang tokoh masyarakat Kelurahan Ancol Jakarta Utara.

Check Also

Danramil 02/PG Bersama Kapospol Wahana Pantau Dan Pastikan Sesuai Protkes Acara Pernikahan Artis Sutisna alias Sule

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Dalam suasana pandemi saat ini, semua acara yang akan menimbulkan …