Home / Berita Satuan / Cegah Meningkatnya Pelanggaran Pidana, Kodam Jaya Gelar Percepatan Sidang 5 Berkas Perkara

Cegah Meningkatnya Pelanggaran Pidana, Kodam Jaya Gelar Percepatan Sidang 5 Berkas Perkara

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Irdam Jaya Kolonel Inf Rifky Nawawi, membuka sidang percepatan perkara hukum bagi anggota Kodam Jaya di Aula Ahmad Yani, Kodam Jaya, Jakarta Timur, Senin (22/7/19).

Membacakan amanat Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Irdam Jaya menyampaikan penghargaan kepada Oditur Jenderal TNI, Dirkumad, Kadilmil ll-08 dan Kaotmil ll-07 Jakarta atas percepatan sidang tersebut.

Dalam amanatnya, Pangdam Jaya juga menjelaskan bahwa sidang percepatan perkara ini, selain mempercepat pelaksanaan proses sidang perkara bagi Prajurit jajarannya, juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan Prajurit tentang proses persidangan di pengadilan militer. “Prajurit dapat menyaksikan secara langsung proses percepatan sidang, sehingga diharapkan Prajurit Kodam Jaya dapat menghindari pelanggaran dalam bentuk apapun,” kata Pangdam.

Menurut Pangdam, pelanggaran hukum yang belum tuntas, meskipun kecil dapat menjadi serius dan rumit penanganannya. “Sesungguhnya setiap pelanggaran selalu dimulai dari masalah kecil, jika tidak ditangani sejak awal, bisa berkembang menjadi besar, akhirnya menjadi persoalan serius dan kompleks serta penanganannya makin rumit,” imbuh Pangdam.

Dalam persidangan tersebut, diagendakan penyelesaian 5 berkas perkara yakni 2 perkara THTI, 1 perkara Desersi, 1 perkara penganiayaan dan 1 lalai berkendaraan. “Saya mengharapkan kepada Majelis Hakim agar memberikan putusan yang seadiI-adilnya, sehingga disiplin satuan dapat ditegakan,” tegas Pangdam.

Kepada Prajurit yang dijatuhi hukuman dalam persidangan ini, Pangdam mengajak untuk menerima putusan Majelis Hakim dengan lapang dada dan mengambil hikmahnya, sehingga tidak terulang kembali. “Sesungguhnya Prajurit yang baik adalah Prajurit yang patuh dan taat pada hukum atau peraturan, bukan karena takut sanksinya,” tutup Pangdam.

About redaksi