Home / Berita Satuan / Cegah Pengaruh Budaya Asing, Tiga Pilar Beri Penyuluhan Di SMK Purna Bhakti Jaktim

Cegah Pengaruh Budaya Asing, Tiga Pilar Beri Penyuluhan Di SMK Purna Bhakti Jaktim

Kodam Jaya-Jakarta.  Danramil Kramatjati Kodim 0505/JT memberikan penyuluhan kenakalan remaja kepada para siswa/i SMK Purna Bhakti Kel. Kebon Pala Kec. Makasar Jakarta Timur, Kamis (15/2/18).

Danramil Kramatjati Kapten Inf Djamal Agung dalam penyuluhan menyampaikan bahwa diera globalisasi sekarang para siswa/i cenderung lebih tertarik dengan budaya yang ditawarkan agen budaya luar negeri melalui berbagai media terutama televisi. Celakanya budaya ini sangat bertentangan dengan nilai budaya Indonesia yang ditanamkan di sekolah.

Disamping itu menurutnya pertentangan antar dua budaya tersebut telah menimbulkan konflik dalam diri para siswa/i. Menjamurnya tontonan televisi yang sengaja dikemas oleh agen luar negeri telah banyak mengubah perilaku yang menyimpang dari budaya ketimuran Indonesia. 

“Tontonan televisi asing yang gampang diakses dengan parabola dan fasilitas lain sangat menyita perhatian dan waktu para siswa/i, akibatnya akan mengganggu ketekunan belajar di sekolah dan di rumah. Apalagi suguhan serba glamor dari acara televisi asing tersebut juga telah menyuburkan budaya konsumtif di kalangan siswa/i,” tegasnya.

“Lebih mencemaskan lagi, tayangan televisi dalam negeri sangat miskin dengan acara bernuansa pengembangan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, padahal diera sekarang tayangan seperti itu sangat diperlukan sebagai tandingan dari tayangan televisi asing,” lanjut Danramil menjelaskan.

Untuk itu, Danramil Kramatjati menghimbau para siswa/i SMK Purna Bhakti agar tidak terpengaruh dengan tayangan televisi yang bertentangan dengan budaya Indonesia.

“Para siswa dan siswi harus cerdas menonton tayangan televisi, sehingga dapat bertahan dari pengaruh budaya luar negeri yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia, tetap hormati dan lestarikan budaya kita sebagai warisan budaya dari nenek moyang kita,” himbau Danramil.

Selain Danramil, Kapolsek dan Camat Makasar juga memberikan penyuluhan secara bergantian kepada para siswa/i. Turut hadir para guru dan staf sekolah SMK Purna Bhakti.

Check Also

Sertu Yulianto Lakukan Giat Monitoring di Pos Siskamling Perumahan Taman Kota

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Babinsa Koramil 07/KB Sertu Yulianto mengunjungi beberapa Pos Siskamling yang …