Home / Berita Satuan / Ciptakan Keamanan Lingkungan, Babinsa Kapuk Muara Dorong Warga Siskamling

Ciptakan Keamanan Lingkungan, Babinsa Kapuk Muara Dorong Warga Siskamling

Kodam Jaya – Jakarta Utara. Guna mengantisipasi kerawanan akibat maraknya aksi kriminalitas, Babinsa Koramil-02/Penjaringan Kodim 0502/Jakarta Utara Serka Joko bersama Bhabinkamtibmas Bripka Hasanudin mengajak warga binaan untuk menggiatkan kembali Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) di wilayah Kel. Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (10/4/18).

Ajakan Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini diutarakan mereka saat Komsos (komunikasi sosial) dengan beberapa tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kelurahan Kapuk. “Kami mengajak warga agar muncul kepedulian untuk menjaga kondusifitas lingkungan secara bersama-sama, sehingga dapat mencegah kemungkinan tindakan kriminalitas dari orang atau sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Babinsa.

Hal ini diutarakan Babinsa mengingat tanggung jawab masalah keamanan bukan hanya menjadi tugas aparat keamanan, melainkan tugas semua warga masyarakat. “Warga  juga harus peduli dan berperan aktif untuk menciptakan kondisi aman di wilayahnya dari gangguan Kamtibmas,” sambungnya.

Menurut Babinsa, dengan digiatkannya kembali Siskamling, maka warga akan turut berperan aktif menjaga lingkungan. “Ini akan menjadi nilai positif bagi lingkungan, paling tidak mampu meminimalkan aksi kriminalitas, karena dapat menghentikan niat pelaku kejahatan saat melihat ada warga yang berjaga,” pungkasnya.

Senada dengan Babinsa, Bripka Hasanudin pun menghimbau agar warga tidak terlena dan hanya mempercayakan keamanan wilayah kepada petugas security maupun keamanan RW. “Masyarakat harus proaktif demi kepentingan bersama, tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, kondisi wilayah yang terkendali akan sulit terwujud,” ujarnya.

Menurut Bhabinkamtibmas, himbauan mereka berdua semata-mata untuk mendapat kesepakatan dan komitmen warga dalam mewujudkan lingkungan yang aman, sehingga warga dapat beraktifitas dengan nyaman meski pada malam hari.

Check Also

Himbau Protokol Kesehatan, Serma Purwanto Komsos di Pasar Saraswati

Kodam Jaya – Tangerang. Membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, anggota Koramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tgr, …