Home / Berita Satuan / Dampingi Petani, Babinsa Kodim Depok Ajarkan Pengolahan Tanah

Dampingi Petani, Babinsa Kodim Depok Ajarkan Pengolahan Tanah

Kodam Jaya – Depok. Pelda Budi Juliarso Babinsa Koramil 01/Pancoran Mas Kodim 0508/Depok mengajarkan cara pengolahan tanah yang baik kepada kelompok tani binaanya di Sektor 3 Kel. Bojong Ponter Kec. Cipayung, Depok Jawa Barat, Sabtu (17/2/18).

Menurut Pelda Budi tujuan pengolahan tanah yang baik adalah untuk meningkatkan unsur hara yang ada di bagian bawah tanah sehingga merata dan menjadi satu dengan bagian tanah lainnya. Salah satu caranya adalah dengan membuat tanah menjadi gembur. Tanah yang gembur dapat memudahkan pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman sehingga daya serap airnya meningkat. Penggemburan tanah adalah merupakan hal yang penting dilakukan oleh para petani agar hasil panen meningkat.

Pelda Budi juga menjelaskan alat yang digunakan untuk menggemburkan tanah bisa menggunkan mesin pembajak ataupun alat tradisional seperti cangkul, tergantung kondisi tanahnya.

“Tanah cangkulan bagian atas yang kaya unsur hara dan bahan organik lainnya harus dibalik agar merata terserap,” jelas Pelda Budi.

Pelda Budi melanjutkan, batas pinggir lahan harus dibuatkan parit sebagai penampung dan aliran air dengan kedalaman tergantung jenis tanaman seperti sayuran cukup 30 cm dan padi 50 cm.

“Kami petani sangat bangga dengan TNI seperti Pak Budi atas ilmu yang diberikan. Beliau selalu setia mendampingi kami dalam meningkatkan hasil panen,” kata Marsudi seorang petani yang mendapat pendampingan Pelda Budi Juliarso.

Tidak hanya itu saja, ternyata Pelda Budi selalu berkonsultasi dengan petugas dinas pertanian untuk menambah pengetahuannya di bidang pertanian. Ini dilakukannya karena menyadari keterbatasan pengetahuan yang dimilikinya. Bekal pengetahuan itu dipraktekan Pelda Budi saat mendampingi para petani untuk meningkatkan hasil panen.

Menurutnya, sebagai seorang Babinsa Pendamping Pertanian, Pelda Budi akan berusaha memberikan yang terbaik dan meyakinkan petani agar optimis dengan bertani bisa mensejahterakan perekonomian keluarga apalagi kehidupan rakyat Indonesia mayoritas sangat tergantung dengan salah satu hasil petani yaitu beras.

Check Also

Forkompimda Kota Depok Gencar Operasi Yustisi dan PDPMK di Jl Raya Margonda Panmas Kota Depok

Kodam Jaya – Depok. Bantu cegah penyebaran Virus Covid-19, Forkompimda Kota Depok menggelar operasi yustisi …