Home / Berita Satuan / Dandim 0503/Jakarta Barat dan Jajarannya Ikuti Upacara Hari Pahlawan Ke-74 di Kantor Walikota Jakarta Barat

Dandim 0503/Jakarta Barat dan Jajarannya Ikuti Upacara Hari Pahlawan Ke-74 di Kantor Walikota Jakarta Barat

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Komandan Kodim 0503/JB, Kolonel Kav Valian Wicaksono Magdi, S, Sos hadiri Upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan, 10 November 2019 yang dilaksanakan dihalaman Kantor Walikota Administrasi Jakarta Barat, Jl. Raya Kembangan Utara, No. 2, Jakarta Barat, Minggu (10/11/19)

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Walikota Adm Jakbar Bpk. H. Rustam Efendi dan selaku Komandan Upacara, Kasudin Pemadam Kebakaran Bpk. H .Abdul Cholik, S.Sos, MM, dan diikuti oleh 2.310 orang yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Pegawai ASN Pemkot Jakarta Barat dan pelajar. Tema Peringatan Hari Pahlawan ke 74 ini, “Aku Pahlawan Masa Kini”

Pada kesempatan upacara itu Walikota Administrasi Jakarta Barat membacakan amanat Menteri Sosial bahwa setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan dan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut, didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar,” ujarnya.

Lanjutnya, peristiwa tersebut, merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini, memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, bahwa tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia,” ungkapnya.

“Menjadi Pahlawan Masa kini, dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak melakukan perbuatan anarkis serta merugikan orang lain,” pungkasnya.