Home / Berita Satuan / Dandim dan Kapolres Jakarta Pusat, Humanis Bubarkan Unjuk Rasa Tanpa Izin

Dandim dan Kapolres Jakarta Pusat, Humanis Bubarkan Unjuk Rasa Tanpa Izin

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di Lapangan Banteng dan Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/19). Meski tidak mengantongi surat izin untuk berunjuk rasa dari Kepolisian, kelompok massa ini terus menyuarakan tuntutan mereka.

Dandim dan Kapolrestro Jakarta Pusat yang memimpin pengamanan aksi unjuk rasa tersebut terlihat berkomunikasi dengan perwakilan pengunjuk rasa. Upaya humanis yang dilakukan kedua pejabat penanggung jawab keamanan di Jakarta Pusat ini pun berhasil. Kelompok massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

Dandim Jakarta Pusat Letkol Inf Wahyu Yudhayana mengatakan, pihaknya mendukung Polri menjaga keamanan wilayah agar tetap kondusif, termasuk mem-BKO-kan beberapa prajuritnya dari Koramil Sawah Besar ke Polrestro Jakarta Pusat. “Kami mendukung Polri untuk mewujudkan suasana yang kondusif, apalagi di bulan suci Ramadhan ini, agar masyarakat merasa aman,” kata Dandim di lokasi.

Dandim menyebut, Polri dan TNI siap mengamankan kegiatan Pemilu dan memberikan kenyamanan kepada warga masyarakat, terlebih di bulan Ramadhan ini. “Semuanya harus menjaga kesejukan dan kedamaian, banyak masyarakat yang sedang beribadah di sekitaran Lapangan Banteng ini, yang juga berhak mendapatkan fasilitas yang sama,” tambah Dandim.

Di tempat yang sama, terkait aksi unjuk rasa tidak berizin ini, Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan menuturkan bahwa pihaknya tidak menerima surat pemberitahuan aksi unjuk rasa dari kelompok manapun. “Bersama Dandim, tadi kami sudah berkemunikasi dengan perwakilan pengunjuk rasa dan mereka sepakat untuk membubarkan diri dengan tertib,” jelas Harry.

Ditambahkannya, pengunjuk rasa membubarkan diri dengan tertib, karena diantara mereka tidak ada yang bertanggung jawab dalam aksi tersebut. “Aksi ini tidak ada penanggungjawab atau Korlapnya, maka setelah dikomunikasikan, ternyata dari pihak mereka memang tidak ada pemberitauan kepada Polri, maka kami minta untuk membubarkan diri dengan tertib,” imbuhnya.

About redaksi