Home / Berita Satuan / Dandim Jakarta Barat: Budaya Betawi Bagian Budaya Indonesia Yang Harus Dilestarikan

Dandim Jakarta Barat: Budaya Betawi Bagian Budaya Indonesia Yang Harus Dilestarikan

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Indonesia dikenal dunia kaya dengan keanekaragaman budayanya, salah satunya adalah kebudayaan Betawi yang harus dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat.

Demikian disampaikan Dandim Jakarta Barat, Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi, usai menghadiri Festival Budaya Betawi di Gelanggang Remaja, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat, (13/9/19).

Menurutnya, kebudayaan merupakan kebiasaan luhur dan bersifat positif peninggalan nenek moyang. “Indonesia kaya dengan seni dan budaya warisan turun temurun dari nenek moyang kita,” ujar Dandim.

Kebudayaan, termasuk budaya Betawi, lanjut Dandim telah menjadi norma atau aturan di masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang harus dipertahankan dan dikembangkan. “Budaya Betawi dan budaya lainpun harus tetap dilestarikan, sehingga keanekaragaman budaya Indonesia tetap menjadi perekat persatuan dan kesatuan kita,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi menyampaikan, festival ini merupakan pembinaan yang dilakukan pemerintah untuk melestarikan budaya Betawi. “Kalau Budaya Betawi tidak diadakan pembinaan, maka akan punah,” tegasnya.

About redaksi