Home / Berita Satuan / Dandim Jakarta Pusat : Kodam Jaya Lindungi Seluruh Elemen Masyarakat Jakarta dan Sekitarnya

Dandim Jakarta Pusat : Kodam Jaya Lindungi Seluruh Elemen Masyarakat Jakarta dan Sekitarnya

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Pasca kericuhan yang melibatkan warga Papua beberapa waktu lalu, Kodam Jaya menegaskan akan terus memberikan jaminan keamanan bagi semua eleman, termasuk warga Papua yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Bentuk jaminan itu, seperti disampaikan Dandim Jakarta Pusat, Letkol Inf Wahyu Yudhayana saat bersilaturahmi dengan warga Papua, penghuni Mes Cendrawasih, di Jalan KH Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/19) malam.

Silaturahmi malam itu kental dengan suasana kekeluargaan, tampak Dandim berdialog ramah dengan seluruh penghuni Mes Cendrawasih. Dalam dialog itu, Dandim mengatakan, TNI di wilayah Kodam Jaya, selalu siap melindungi seluruh elemen dan suku dari tanah air, termasuk warga Papua di Jakarta dan sekitarnya. “Saya dan jajaran Pimpinan Kota Jakarta Pusat akan bergantian bersilaturahmi dengan seluruh warga Papua di Jakarta Pusat, yakinlah bahwa permasalahan yang ada di Papua pasti diselesaikan oleh jajaran terkait, dinamika yang berkembang pasti akan segera dicarikan solusinya,” tegas Dandim.

Kepada warga Papua, Dandim juga memastikan bahwa semua etnis, suku dan agama memiliki hak tinggal dengan aman dan nyaman di wilayah Jakarta Pusat. “Semua memiliki hak serta kewajiban yang sama, kembalikan pada diri sendiri dan berpikir untuk kebaikan bersama, jika semua bisa menyadari indahnya kebersamaan maka akan tercapai kerukunan hakiki,” tegasnya lagi.

Beberapa tokoh warga Papua yang hadir dalam silaturahmi itu, memberikan dukungan positif untuk menjaga toleransi antar suku dan umat beragama di Jakarta Pusat.

Ferry Inggamed, salah satu warga menyampaikan bahwa di lingkungan Mes Cendrawasih terdapat juga suku dan agama lain, namun kata Ferry semua bisa hidup rukun karena saling menjaga toleransi. “Saya prihatin dengan kejadian di Surabaya, diperantauan kita harus menjaga toleransi dan perkataan, supaya tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Warga lainnya, Frans Rumbino juga mengapresiasi atas jaminan keamanan yang disampaikan Dandim Jakarta Pusat. Frans mengaku senang, karena bisa bertatap muka dengan Dandim dan rombongan. “Dengan silaturahmi ini, ada hubungan emosional diantara kita, sehingga jika ada keluh kesah, kami bisa langsung sampaikan ke Dandim dan jajaran,” akunya.

Turut hadir dalam silaturahmi, Pasiintel Kodim Mayor Inf Denver Micha, Danramil Tanah Abang Mayor Arh Didik Wahyudi, Pasiter Kodim Kapten Kav Dwi Joko Purnomo dan Wadanramil Tanah Abang Kapten Inf Amin.

Check Also

Babinsa Koramil 03/Tg.Priok Bersama Polres KP3 Melaksanakan Operasi Tertib Masker

Kodam Jaya – Jakarta utara. Babinsa Koramil 03/Tg. Priok Kodim 0502/JU bersama unsur Polres KP …