Home / Berita Satuan / Dandim Jakarta Pusat Negosisiasi Dengan Mahasiswa, Unjuk Rasa Berakhir Kondusif

Dandim Jakarta Pusat Negosisiasi Dengan Mahasiswa, Unjuk Rasa Berakhir Kondusif

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Unjuk rasa mahasiswa menolak RKUHP dan revisi UU KPK terus berlanjut hingga Selasa (24/9) dini hari. Massa enggan meninggalkan ruas jalan seputaran Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Massa terus melakukan orasi, bahkan ada yang melawan petugas dengan melemparkan batu dan barang lain yang mereka temukan di jalan. Situasi memanas terjadi di beberapa tempat mengakibatkan aparat Gabungan TNI- Polri melakukan tindakan untuk mengurai massa agar tidak berbuat anarkis dan melakukan perusakan fasilitas umum serta mengganggu masyarakat yang melintas di sekitar Gedung DPR/MPR.

Dandim Jakarta Pusat Letkol Inf Wahyu Yudhayana yang sejak pagi berada di lokasi, terus memberikan komando kepada pasukan BKO TNI. Dirinya bahkan memimpin langsung negosisasi dengan massa. “Saya membawa pasukan BKO dari Korps Marinir menuju fly over Ladogi untuk menemui rekan-rekan mahasiswa dan mengajak mereka untuk tenang dan memfasilitasi perwakilan untuk bertemu Kapolda,” kata Dandim.

Kepada mahasiswa, Dandim meyakinkan bahwa keberadaan TNI-Polri bukan musuh mahasiswa, tapi justru mengamankan aksi agar tidak diprovokasi dan dinodai oleh ulah oknum yang mengatas namakan mahasiswa. “Situasi memang sempat memanas, namun kami terus bernegosiasi, mendengar dan meredam gejolak emosi mahasiswa,” lanjut Dandim.

Massa akhirnya mencair dan membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing. “Kami bersyukur tidak ada korban jiwa pada aksi ini, pembelajaran bagi kita semua bahwa mediasi atau komunikasi akan mencairkan suasana. Terima kasih kepada masyarakat dan kalangan mahasiswa yang masih mendengar dan mau berkomunikasi dengan TNI-Polri, sehingga situasi kembali kondusif,” pesannya.

Check Also

Tekan Penyebaran Covid-19 Babinsa Koramil 01/Koja Intens Laksanakan Patroli Malam

Kodam Jaya – Jakarta utara. Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil-01/Koja dan Bhabinkamtibmas Polsek …