Home / Berita Satuan / Danramil 04/KS Bersama Kapolsek Dampingi Kadispotmar TNI AL Tanam Pohon Mangrove di Taman Wisata Pulau Pramuka

Danramil 04/KS Bersama Kapolsek Dampingi Kadispotmar TNI AL Tanam Pohon Mangrove di Taman Wisata Pulau Pramuka

Kodam Jaya – Jakarta Utara. Danramil 04/KS Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Hariantja mendampingi kunjungan kerja Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika di Taman Nasional Kepulauan Seribu, Pula Pramuka Kepulauan Seribu Utara, Rabu (10/02/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 04/KS Mayor Inf Ali Anwar Faola, Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Hariantja, Camat Kepulauan Seribu Bpk. Ismail, Lurah Pulau Panggang Bpk. Pepen Kuswandi, Kasub Balai Konservasi Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS) Bpk. Agus serta Danpos SAR Kepulauan Seribu Bpk. Darmawan.

Danramil 04/KS Mayor Inf Ali Anwar Faola mengatakan, dalam Kunjungan tersebut, Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika melaksanakan peninjauan dan sekaligus melakukan penanaman pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian bersama dan peran aktif masyarakat, Pemerintah dan stekholder untuk menjaga Kepulauan Seribu tetap terjaga salah satunya dengan menghijaukan kembali hutan mangrove sebagai salah satu pencegahan adanya abrasi di bibir pantai.

“Abrasi sendiri merupakan momok yang cukup menakutkan bagi warga pesisir, untuk itu mari kita tingkatkan kepedulian masyarakat untuk menghijaukan kembali perairan Kepulauan Seribu dengan cara menanam pohon mangrove”, Kata Mayor Inf Ali Anwar Faola saat di lokasi Konservasi Pulau Pramuka.

Mayor Inf Ali Anwar Faola juga berharap dengan adanya Sinergitas TNI-Polri, Pemerintah dan stekholder diharapkan pelestarian lingkungan di Kepulauan Seribu termasuk Flora dan faunanya serta keamanan beragam ekosistem diantaranya habitat penyu dapat terjaga kelestariannya dan terhindar dari kepunahan tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

“Peran aktif untuk mencegah terjadinya kerusakan terhadap lingkungan dan ekosistem di Kepulauan Seribu ini adalah tugas kita bersama”, Imbuh Danramil.

Mayor Inf Ali Anwar menambahkan, bahwa fungsi hutan mangrove sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, pengendali bencana, selain itu hutan mangrove juga menjadi tempat penyimpanan air,

“Mari kita jaga keasrian flora dan fauna termasuk ekosistem sehingga Kepulauan Seribu sebagai Destinasi wisata tetap terjaga kemolekannya”, pungkas Danramil 04/KS.(Sumber Kodim 0502/JU).

Check Also

Koramil 02/Matraman Gelar Serbuan Vaksinasi Tingkatkan Kekebalan Kelompok

dengan 2 ketua RW yang merupakan Satgas Covid-19 diwilayah RW.07 Gang Sengon Jln. Kayu manis …