Home / Berita Satuan / Danramil 19/Pd Aren, Pimpin Apel Tiga Pilar. “Bangun Kemitraan, Partisipasi Dan Pro Aktif Di Kegiatan Masyarakat”

Danramil 19/Pd Aren, Pimpin Apel Tiga Pilar. “Bangun Kemitraan, Partisipasi Dan Pro Aktif Di Kegiatan Masyarakat”

Tangerang Selatan – Komandan Koramil 19/ Pondok Aren Kapten Inf Muhlisin memimpin apel “Tiga Pilar” yang digelar di Kelurahan Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Rabu (24/01/2018).
Pelaksanaan apel guna menindaklanjuti komitmen Ketiga pimpinan  instansi dilingkungan Pondok Aren dan meningkatkan peran TNI dan Kepolisian yang bertugas di setiap kelurahan di Kecamatan Pondok Aren.

Danramil 19/Pondok Aren Kapten Muhlisin,, menyampaikan, tugas pokok dan fungsi Babinsa diatur dalam Undang-Undang(UU) Nomor 34 tahun 2004 pasal 7 ayat 2 huruf b tentang Operasi Militer Selain Perang dan Surat Keputusan (Skep) Kasad Nomor : Skep/98/V/2007 tanggal 16 Mei 2007 tentang Babinsa sebagai unsur pelaksana Koramil bertugas melaksanakan bimbingan Teritorial (Binter).

“Babinsa memiliki tugas melatih satuan perlawanan rakyat, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam kerangka Kebhinekaan. Babinsa harus dapat memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat di bidang pertahananan dan keamanan negara, “ungkapnya.

Untuk itu, kata Muhlisin, untuk mensinergikan peran ketiga pilar tersebut harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan.

“Tidak hanya itu, ketiga unsur pilar ini juga dapat membangun kemitraan, berpartisipasi dan pro aktif dengan kegiatan masyarakat. Ini dilakukan sekaligus untuk melakukan pendeteksian dan pencegahan dini terhadap bahaya terorisme di wilyahnya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekcam Pondok Aren Hendra menjelaskan, nantinya apel “Tiga Pilar” akan dilakukan di 11 Kelurahan secara bergantian.
“Forum ini, sepakat akan aktif dalam setiap kegiatan yang ada di masyarakat dan diharapkan persoalan yang ada di tengah masyarakat melalui tugas forum ini nantinya yang menyelesaikan permasalan, “kata Hendra.

Sementara itu Kapolsek Pondok Aren Kompol Yudho Huntoro mengatakan, forum tiga pilar, kata dia, memiliki sejumlah tugas pokok sebagai ujung tombak dalam melaksanakan deteksi dini dan pencegahan dini. Juga dilakukan pemetaan kerawanan potensi konflik di setiap wilayah.

“Tujuan apel forum tiga pilar guna memperkuat solidaritas antara aparatur pemerintahan dengan Polri dan TNI dalam membangun kebersamaan, dengan terus melakukan komunikasi secara berkala guna menyelesaikan permasalahan di masyarakat berdasarkan musyawarah,.”jelas Kapolsek Pondok Aren Kompol Yudho.

Dalam apel tersebut, diikuti Sekertaris Kecamatan Pondok Aren Hendra, Lurah Pondok Kacang Timur Abdulah bersama 14 orang staf,  15 personil dari Koramil dan 5 personil dari Polsek ditambah 3 personil dari Satuan Trantiib Kecamatan Pondok Aren.

Check Also

Koramil 07/Pondok Aren Gelar Operasi Yustisi di Jurang Mangu

Kodam Jaya – Tigaraksa. Upaya dalam memutus penyebaran virus Covid-19, Koramil 07/Pondok Aren Kodim 0506/Tgr …