Home / Berita Satuan / Danramil 705/Bantar Gerbang Turun Langsung Berikan Wawasan Kebangsaan di SMAN 9 Kota Bekasi

Danramil 705/Bantar Gerbang Turun Langsung Berikan Wawasan Kebangsaan di SMAN 9 Kota Bekasi

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Komandan Koramil 705/Bantar Gebang Kodim 0507/Bekasi Kapten Inf Pardi dibantu lima orang Babinsa memberi pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Tentang Mencintai Produk, Seni Budaya Lokal dalam Negeri dan meningkatkan disiplin Waktu & Tata Tertib Sekolah kepada siswa-siswi SMAN 9 Kota Bekasi, di halaman sekolah, Kamis (6/2/2020).

Setibanya di Sekolah SMAN 9 Kota Bekasi Danramil 705/Bantar Gebang disambut oleh Kepala Sekolah dan para guru dilanjutkan dengan melaksanakan apel bersama di halaman sekolah SMAN 9 Kota Bekasi.

Pada kesempatan apelnya Danramil 705/Bantar Gebang Kapten Inf Pardi menyampaikan kepada para siswa-siswi peserta Wasbang “Dengan derasnya arus informasi mancanegara yang masuk ke Indonesia telah membawa Produk dan budaya asing yang memengaruhi perubahan budaya masyarakat. Secara perlahan tapi pasti rasa cinta maupun pemahaman terhadap produk dan budaya tradisional mulai luntur terutama di kalangan generasi muda. Tergantikan oleh budaya Barat yang tidak seluruhnya sesuai dengan norma etika bangsa Indonesia.” Kata Kapten Pardi.

lanjut lanjut Danramil menyampaikan bahwa secara perlahan kemajuan ini mampu mengikis kesadaran masyarakat dalam mencintai produk dan seni budaya tradisional. Padahal, produk dan kesenian tradisional merupakan bagian dari kebudayaan yang menjadi ciri sebuah bangsa dan patut dijaga kelestariannya.

Sedangkan materi yang diberikan setelah apel bersama berupa PBB siswa-siswi dimantapkan terhadap pemahaman tata upacara sekolah, gerakan ditempat, gerakan berjalan dan penghormatan.

Danramil juga mengajak para peserta pelatihan untuk bisa memahami dan mengamalkan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga para siswa diharapkan memiliki perilaku yang toleran, saling menghormati, cinta tanah air dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Setelah kegiatan apel selesai dilanjutkan dengan kegiatan Materi pelajaran PBB yang di sampaikan olek Pelda Ekwanudin, yang mana PBB ini merupakan metode dasar untuk melatih ketaatan dan disiplin para siswa-siswi peserta wasbang di SMAN 9 Kota Bekasi, dengan mentaati semua perintah pelatih dan melaksanakannya dengan baik, maka dengan sendirinya akan membentuk pribadi yang disiplin dan taat akan semua aturan baik dalam jam sekolah maupun di luar jam sekolah.

Selanjutnya kegiatan berjalan sesuai waktu yang sudah dijadwalkan dari pihak sekolah, para siswa melaksanakan outbond dan permainan untuk melatih rasa kebersamaan dan jiwa sosial dari mulai main angkat boal dengan tali, berguling sama dengan karung, masuk berjalan dengan hulahop dan lain-lain, ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan terhadap teman, menumbuhkan rasa percaya diri dan menahan rasa egois.

“Diharapkan melalui materi Wasbang dan pelatihan PBB, seluruh siswa-siswi SMAN 9 Kota Bekasi dapat meningkatkan kedisiplinannya dalam belajar dan berprilaku,” pungkas Danramil.

Check Also

Melalui Komsos Babinsa Pengadegan Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Kodam Jaya – Jakarta selatan. Dalam upaya mencegah penulaaran Covid-19, Babinsa Pengadegan Sertu Agus R …