Home / Berita Satuan / Danramil Kelapa Gading Ajak Tokoh Lintas Agama Ciptakan Situasi Kondusif

Danramil Kelapa Gading Ajak Tokoh Lintas Agama Ciptakan Situasi Kondusif

Kodam Jaya – Kelapa Gading. Danramil 06/Kelapa Gading Kodim 0502/Jakarta Utara mengajak seluruh tokoh lintas agama untuk turut berperan menciptakan kondusifitas di Kecamatan Kelapa Gading. Hal itu disampaikan Danramil saat memberikan materi Proxy War dalam Seminar Wawasan Kebangsaan dan Syukuran HUT ke-32 Paroki di Aula Gereja Yakobus Jalan Pulau Bira Besar No.1 Kel. Kelapa Gading Barat, Kec Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (28/7).

“Terima kasih kepada semua tokoh lintas agama yang selalu kompak dan bersinergi dalam menciptakan Kelapa Gading selalu kondusif. Di kesempatan ini, saya mengajak para tokoh lintas agama agar meningkatkan perannya di masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang kondusif,” kata Danramil, Mayor Inf Fadli.S Karamah, S.Sos.

Ia pun memaparkan ancaman yang tidak bisa terlihat di mana kawan dan di mana lawan dengan tujuan menghancurkan NKRI. “Untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia yg besar, agar tetap menjaga ke-Bhineka Tunggal Ika-an, sehingga bangsa kita tidak mudah terpecah atau dapat diadu domba oleh pihak mana pun,” sambung Danramil.

Seminar ini mengambil tema ‘Memperkokoh Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat Lintas Agama Kelapa Gading’, dan turut dihadiri Walikota Jakarta Utara Drs. Syamsudin Lolorau M.Si, Ketua Paroki Santo Yakobus Romo Antonius Gunardi dan Ketua Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Romo Antonius Suyadi.

Ketua Paroki (Persekutuan Umat Katolik) Antonius Gunardi berharap pertemuan dapat memperkuat tali silahturahmi antar umat beragama. “Ketika saya mendengar Lagu Indonesia Raya, saya selalu bergetar, diantaranya di bait bangunlah jiwanya,¬† bangunlah badannya. Semoga apa yang kita cita-citakan dari dulu, tercapai menjadi bangsa yang besar, bangsa yang kokoh dan tidak mudah di pecah belah,” ujarnya.

Sementara Ketua HAAK Romo Antonius Suyadi mengatakan, besarnya perjuangan yang dilakukan para pahlawan, sehingga Indonesia menjadi damai meski dalam banyak perbedaan. “Kita wajib menjiwai setiap nilai yang terkandung dalam Bhinneka Tunggal Ika, agar memberi kekuatan bagi persatuan bangsa Indonesia yang besar ini,” ajaknya.

Walikota Jakarta Utara dalam sambutanya menyampaikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan segala sumber daya berlimpah sebagai modal menjadi negara yang kuat. “Bangsa kita adalah bangsa yang punya harapan, mudah-mudahan¬† Indonesia bisa berkembang maju dengan modal yang begitu banyak dengan hasil kekayaan yang berlimpah didukung dengan SDM yang cukup tinggi, maka bangsa ini tidak akan terkalahkan. Semua itu harus kita perhatikan dalam membina dan membangun kebersamaan di wilayah Jakarta Utara ini,” pintanya.

Seminar ini juga dihadiri Ketua FKUB Drs. KH. Abi Ichwannudin. M.Si, Camat Kelapa Gading Manson Sinaga, Kapolsek Kelapa Gading Kompol Martua Raja Taripar Laut Silitonga, Ketua MUI Kelapa Gading Drs. Agus Muslim, Lurah se-Kec. Kelapa Gading, tokoh perwakilan masing-masing agama dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Kelapa Gading.

Check Also

Optimalkan Putus Rantai Penularan Covid-19 Keluarga Besar TNI Jakarta Pusat Perkuat Tim Patroli Tiga Pilar

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. FKPPI (forum komunikasi putra putri purnawirawan Indonesia), PPM (Pemuda Panca …