Home / Berita Satuan / Danramil Setiabudi Ajak Masyarakat Jaga Kemajemukan

Danramil Setiabudi Ajak Masyarakat Jaga Kemajemukan

Kodam Jaya – Jakarta selatan. Danramil Setiabudi Kodim Jakarta Selatan Mayor Inf Jefry Tampubolon mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjaga kemajemukan sebagai upaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Danramil Setiabudi saat menjadi narasumber di acara Pembekalan Peningkatan Pemahaman Pembauran Kebangsaan yang digelar oleh Kesbangpol Pemkot Jakarta Selatan di aula Kantor Kecamatan Setiabudi, Rabu (18/9/19).

Kemajukan Indonesia, menurut Danramil telah membuat dunia kagum dengan kekayaan budaya nusantara. “Kemajemukan masyarakat Indonesia bagai pelangi yang indah, bahkan masyarakat dunia kagum dengan kekayaan suku, agama, dan budaya nusantara kita,” kata Danramil.

Menurut Danramil kekayaan suku, agama dan budaya itu perlu terus dijaga dan dipertahankan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan serta memelihara cinta kasih antar umat beragama. “Mari kita terus menjaga ketentraman, saling rukun, menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa, dengan tidak mengesampingkan Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Dalam materinya kepada 80 unsur masyarakat, Danramil juga berpesan untuk senantiasa mengantisipasi masuknya budaya asing. Menurutnya, kehadiran budaya asing tidak akan menjadi ancaman dengan catatan masyarakat harus selektif dalam menerima budaya asing yang masuk ke Indonesia. “Kita harus selektif, kalau budaya asing tersebut memberikan manfaat positif, contohnya bagaimana bekerja keras dan berinovasi, kita ambil. Tapi kalau budaya seperti miras, seks bebas, dan lainnya harus ditolak,” tegasnya.

About redaksi