Home / Berita Satuan / Dengan Negosiasi Persuaif, Dandim Jakarta Pusat Redam Aksi Anarkis Suporter Pertandingan Sepakbola di GBK

Dengan Negosiasi Persuaif, Dandim Jakarta Pusat Redam Aksi Anarkis Suporter Pertandingan Sepakbola di GBK

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Pasukan BKO Kodam Jaya yang mengamankan pertandingan sepakbola antara Timnas Indonesia vs Malaysia, di Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (5/9/19) berhasil meredam aksi anarkis para suporter yang tidak puas atas kekalahan Timnas Indonesia.

Suporter yang kecewa bahkan sempat menyerang dengan melemparkan batu, dan kayu ke arah suporter lawan dan pasukan pengamanan yang berjaga. Namun pasukan BKO Kodam Jaya tidak terpancing melakukan aksi pembalasan.

Melalui dialog persuasif dibawah kendali Dandim Jakarta Pusat, Letkol Inf Wahyu Yudhayana, akhirnya suporter anarkis berhasil ditenangkan dan didorong mundur oleh pasukan BKO Kodam Jaya ke Plaza Barat GBK.

“Untuk menenangkan massa yang anarkis kami tidak serta merta menggunakan tindakan serupa, kami lakukan dialog dan himbauan yang persuasif untuk menenangkan massa yang kecewa,” jelas Dandim.

Menurutnya, massa yang kebanyakan masih anak baru gede (ABG) mempunyai potensi tinggi tersulut oleh provokasi rekan-rekan mereka untuk menyerang suporter lawan, untuk itu pasukan pengamanan bertindak dengan cepat agar tidak menimbulkan kerugian personel dari kedua belah pihak.

“Ini adalah pertandingan antar bangsa, tidak seharusnya diwarnai dengan tindakan anarkis, sebab kehormatan negara menjadi taruhannya. Saya menghimbau suporter Indonesia untuk menahan diri dan mundur demi nama baik Timnas Indonesia juga,” sambung Dandim.

Setelah 40 menit negoisasi, situasi berangsur terkendali dan massa seluruhnya mundur dan meninggalkan GBK. “Selanjutnya, pasukan dikonsolidasikan dan kami fokus untuk pengamanan pergeseran pemain Timnas Malaysia ke Hotel Mulia serta suporter Malaysia ke Bandara Soetta untuk kembali ke negara mereka,” pungkas Dandim.

About redaksi