Home / Berita Satuan / Dinas Kesehatan DKI Jakarta Adakan Imunisasi Difteri Serentak, Babinsa Koramil 01/Koja Bantu Pihak Puskesmas Tugu Utara Lakukan Imunisasi

Dinas Kesehatan DKI Jakarta Adakan Imunisasi Difteri Serentak, Babinsa Koramil 01/Koja Bantu Pihak Puskesmas Tugu Utara Lakukan Imunisasi

Babinsa Koramil 01/Koja Kodim 0502/JU membantu menenangkan anak-anak usia dini yang saat akan dilakukan imunisasi Difteri di halaman Sekretariat RW 09 Jl. Melur V Kel. Tugu Utara Kec. Koja Jakarta Utara, Kamis (10/01/2018).

Sebanyak 278 anak terdiri dari Balita umur 5 tahun ke atas sejumlah 203 anak dan Balita dibawah 5 tahun sejumlah 75 anak akan diberikan suntikan imunisasi difteri tetanus (DT) dan toxoid tetanus (TD) oleh petugas dari Puskesmas Tugu Utara. Imunisasi diberikan oleh petugas dari Puskesmas Tugu Utara dengan didampingi oleh Babinsa Tugu Utara Sertu Budi Utomo.

Sejak muncul kembali penyakit difteri beberapa tahun lalu, vaksin yang diberikan menjadi Diteri untuk mencegah penyakit tetanus serta difteri.

Menurut Budi Utomo, Bulan Januari ini sasaran imunisasi ini adalah anak balita dibawah umur 15 tahun kebawah karena dianggap sangat rentan terkena virus Difteri di wilayah kerja Puskesmas Tugu Utara.

“ Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak,” terang tenaga kesehatan Puskesmas Tugu Utara.

Ketika ditanya mengapa Puskesmas melibatkan Koramil, Alief menjelaskan bahwa selama ini Puskesmas Tugu Utara selalu berkordinasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan programnya. Keterlibatan Koramil dalam pemberian imunisasi sangat besar manfaatnya. Disadari atau tidak anak-anak itu lebih menurut pada perintah atau ajakan yang dilakukan oleh anggota TNI.

Hal itu bisa dibuktikan dengan situasi saat pelaksanaan imunisasi, dimana kebanyakan anak – anak merasa takut bahkan banyak yang menangis bahkan berusaha kabur menghindari suntikan imunisasi. Namun dengan ajakan dan rayuan dari babinsa, anak – anak lebih mudah dikendalikan.

” Mungkin anak-anak takut dengan TNI, sehingga mereka mau nurut ketika dibujuk untuk diberi imunisasi ” ujar Sari salah aatu petugas puskesmas Tugu Utara.

Kerja sama yang baik antara Puskesmas dengan anggota Koramil Koja dalam pelaksanaan kegiatan program kesehatan akan terus dilakukan. Hal itu dilakukan agar apa yang sudah menjadi komitmen bersama dalam usaha meningkatkan pelayanan keaehatan masyarakat bisa terwujud dengan baik dan tepat waktu.

“Yang jelas kami sangat terbantu dengan keikutsertaan babinsa” Tandas Sari.

Check Also

Optimalkan Putus Rantai Penularan Covid-19 Keluarga Besar TNI Jakarta Pusat Perkuat Tim Patroli Tiga Pilar

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. FKPPI (forum komunikasi putra putri purnawirawan Indonesia), PPM (Pemuda Panca …