Home / Berita Satuan / Dukung Program Ketahanan Pangan Kodim 0502/Jakarta Utara Kembangkan Budidaya Rumput Laut

Dukung Program Ketahanan Pangan Kodim 0502/Jakarta Utara Kembangkan Budidaya Rumput Laut

Kodam Jaya – Jakarta Utara. Komandan Kodim 0502/Jakarta Utara Kolonel Kav Tri Handaka,SH hadir dalam panen rumput laut yang dikembangkan oleh Babinsa P. Tidung Pelda Juniarto bersama warga Pulau Tidung di kampung baru RT.02 RW.03 Kel. Pulau Tidung Kec. Pulau Seribu Selatan Kab. Adm Kepulauan Seribu, Minggu (17/11/2019).

Pada kesempatan itu Dandim menyampaikan bahwa program ini merupakan wujud kepedulian TNI AD untuk membantu mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kepulauan Seribu yang bersinergi dengan warga masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi kepada Babinsa Pelda Juniarto yang sudah berhasil mengembangkan budidaya rumput laut bersama warga masyarakat, ini adalah implementasi dari 8 wajib TNI, Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,”pungkas Kolonel Kav Tri Handaka,SH.

Sementara itu Pelda Juniarto yang ditemui dilapangan setelah panen raya mengatakan, awal merintis budidaya rumput laut dari bulan Juni 2018 dan sekarang sudah bisa membantu memberikan pelatihan dan bibit rumput laut sebanyak 2,5 Ton kepada warga Pulau Panggang maupun warga di Pulau lain.

Menurutnya dalam kurun waktu 45 hari lahan yang dikembangkan bersama warga dapat menghasilkan 4-5 ton apabila tidak terkendala oleh cuaca maupun ulah para nelayan nakal yang menggunakan potasium maupun bahan kimia dalam menangkap ikan .

Bapak Lukman salah satu tokoh masyarakat yang juga petani rumput laut sangat berterima kasih kepada Kodim 0502/JU dan Koramil-04/Kep. Seribu yang sudah membantu warga P. Tidung,” semenjak ada budidaya rumput laut yang dibina oleh Pelda Juniarto perekonomian dan kesejahteraan warga semakin meningkat “, pungkasnya.

Tampak hadir dalam panen rumput laut Danramil-04/Kep. Seribu Mayor Inf Ali Anwar Paula, Camat P. Seribu Selatan Bpk. Angga Saputra, Ketua Mitra Jaya Kodim 0502/JU Bpk Sukamto, Lurah Pulau Tidung Bpk. Cecep Suryadi dan para tokoh masyarakat lainnya.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …