Home / Berita Utama / Edukasi Percepatan Penanganan Covid-19 : Metro TV Adakan Peliputan RT-PCR di RS RIDWAN MEURAKSA
Liputan Metro TV di Lab RT-PCR RS Ridwan Meuraksa , Senin (01/02/2021)

Edukasi Percepatan Penanganan Covid-19 : Metro TV Adakan Peliputan RT-PCR di RS RIDWAN MEURAKSA

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Kepercayaan dan simpati publik terus mengalir dalam penanganan pandemi Covid-19, termasuk dalam hal pemberitaan diberbagai media sebagai upaya edukasi percepatan penanganan Covid-19, hari ini Media Elektronik Metro TV atas seijin Pimpinan TNI AD meliput tentang RT-PCR (Reel Time Polymerase Chain Reaction) yang berada di RS Ridwan Meuraksa, Jl. Taman Mini I No.4, RW.2, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Senin (1/2/2021).

 

Timput Metro TV sedang live liputan ttg RT-PCR di RS Ridwan Meuraksa

 

Ketika seseorang diduga terpapar Covid-19, suatu keharusan terhadap dirinya untuk mengetahui sejauh mana dirinya terpapar Covid-19 tersebut, hal ini perlu dilakukan pemeriksaan dan pengujian, untuk menjawab semua itu, seiring waktu dan kemajuan teknologi, maka saat ini telah ditemukan suatu alat yang merupakan sarana pengujian termasuk diantaranya, RT-PCR (Reel Time Polymerase Chain Reaction).

RS Ridwan Meuraksa kini telah memiliki alat RT-PCR tersebut, yg berfungsi utk melakukan pemeriksaan swab tes untuk memastikan apakah seseorang terkonfirmasi Covid-19 atau tidak dengan alat yang lebih canggih.

 

Timput Metro TV dg menggunakan APD persiapan meliput di ruang Lab RT-PCR

 

Alat dan metode yang lebih canggih sebagaimana saat ini telah dimiliki oleh beberapa RS TK II jajaran TNI, termasuk diantaranya dimiliki oleh RS. Ridwan Meuraksa. Pemeriksaan dengan menggunakan alat RT-PCR, 90% dalam waktu yang relatif singkat akan terdeteksi hasilnya bahwa pasien tersebut terpaparatau tidaknya Covid-19.

Atas seijin Pimpinan TNI AD, Media Elektronik Metro TV, mengadakan peliputan tentang prosesi pemeriksaan dengan menggunakan RT-PCR, mulai dari proses pemeriksaan pasien atau orang yang diduga terpapar Covid-19, pemeriksaan di Laboratorium PCR sampai dengan proses analisis dan penentuan terpapar tidaknya Covid-19, dengan nara sumber : dr Hanna P. Sp.MK dokter ahli penanggung jawab hasil pemeriksaan RT-PCR Covid-19 RS Ridwan Meuraksa.

 

Wawancara Timput dg Nara sumber dr. Hanna, penanggung jawab hasil pemeriksaan RT-PCR

 

Kapendam Jaya Letkol Arh Herwin Budi Saputra mengungkapkan, bahwa adanya kelengkapan RT-PCR yang merupakan peralatan canggih penanganan Covid-19, ini merupakan bukti keseriusan Negara, dalam hal ini TNI AD, khususnya Kodam Jaya dalam percepatan penanganan Covid-19 di Negeri ini, ungkap Kapendam Jaya.

Lanjut, Kapendam menghimbau, “Bagi warga masyarakat, lebih-lebih keluarga besar Kodam Jaya yang merasa terdapat gejala yang indikasinya terpapar Covid-19, jangan menutup diri, tetapi segera periksakan diri, sehingga secara cepat dapat terdeteksi apakah terpapar Covid-19 atau tidak, tentunya akan mudah untuk diambil langkah penanganannya apabila ternyata hasilnya fositif Covid-19, serta akan mudah mendeteksi riwayat kontak eratnya”, pungkas Kapendam Jaya.

Hadir dalam mendampingi peliputan tersebut diataranya : Karumkit Tk II Moh Ridwan Meuraksa, Kolonel Ckm Dr. drg. Puji Hartono, Sp.Ortho, MARS, Kasubdis Penmedlek Dispenad Kolonel Inf Maskun, Kapen Puskesad Mayor Ckm Daryoko dan dr Hanna P. Sp.MK dokter ahli penanggung jawab hasil pemeriksaan PCR COVID-19 RS Ridwan Meuraksa serta beberapa unsur yang berkaitan proses pemeriksaan RT-PCR.

Check Also

Pangdam Jaya Pimpin Sertijab 2 Pejabat Kodam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., memimpin serah terima …