Home / Berita Utama / Gubernur Jawa Barat Adakan Rapat Evaluasi Penerapan PPKM Bersekala Mikro Di Makodam Jaya
Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, menyampaikan pembahasan penerapan PPKM berskala Mikro khusus untuk wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) i Aula A. Yani Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur, Kamis(4/3/2021)

Gubernur Jawa Barat Adakan Rapat Evaluasi Penerapan PPKM Bersekala Mikro Di Makodam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan, Jakarta Timur. Kodam Jaya/Jayakarta memfasilitasi acara rapat evaluasi membahas penerapan PPKM berskala Mikro khusus untuk wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek). Rapat pembahasan evaluasi penerapan PPKM berskala Mikro diikuti oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, Pangdam Jaya diwakili Kasdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya, bertempat di Aula A. Yani Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur, Kamis(4/3/2021).

Penerapan PPKM berskala Mikro merupakan program Pemerintah Pusat berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 03 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Gubernur Jawa Barat, Kasdam Jaya wakili Pangdam Jaya dan Kapolda Jaya, Pimpin Rapat evaluasi membahas penerapan PPKM berskala Mikro khusus untuk wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek)

Dalam acara rapat evaluasi, pembahasan pertama disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil. Beberapa pandangan luas tentang kondisi penerapan PPKM berskala Mikro disampaikannya, terutama khusus yang berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta diantaranya wilayah Kabupaten Bogor, Depok dan Bekasi.

Penjelasan secara luas Gubernur Jawa Barat, “Saat ini di wilayah Jawa Barat yang terkonfirmasi Covid-19 ada 214.000 jiwa dengan kasus aktifnya 36.000 jiwa itu berdasarkan data yang diterima, namun apakah data ini masih tercampur dengan data lama”, tutur Gubernur Jabar. Lanjut Gubernur menyampaikan, “Kami jadikan dalam melakukan perhitungan tingkat kematian di Jawa Barat itu rata-rata dari 7% hanya tinggal 1% jadi saya berikan semangat 99% adalah sembuh dan dalam proses penyembuhan”, papar Gubernur.

Data yang diterima oleh pemerintah Jawa Barat yang terkonfirmasi Covid-19 

Lebih jauh Gubernur Jawa Barat menjelaskan, bahwa terdapat mutasi Covid-19, virus jenis B117 terdeteksi masuk ke Kabupaten Karawang. “Kasus mutasi virus impor ini harus segera kita waspadai, dalam hal ini saya mengajak Bapak Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya ini akan menjadi persoalan baru bagi Satgas Covid-19. Namun, saya menghimbau tetap kita patuhi Protkes yang sudah berjalan”, jelasnya.

Berkaitan dengan program vaksinasi, kami terus yakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin itu ‘aman, halal dan berkualitas’ dan terus mendata sampai unsur Desa dan Kelurahan bahkan sampai ketingkat RT/RW, karena ada sebagian masyarakat yang beranggapan minor dengan vaksinasi Covid-19 ini”, pungkas Gubernur.

Sementara dalam paparannya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan, berkaitan dengan penerapan PPKM bersekala Mikro di wilayah DKI Jakarta masih berlanjut dan massif, “Petugas yang tergabung dalam Satgas Covid-19, baik itu dari Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, Pemda, Satpol PP mereka terus menjalankan tugasnya mengajak masyarakat untuk mematuhi Protkes”, kata Kapolda.

Disindir oleh Kapolda Metro Jaya tentang Kampung Tangguh Covid-19, dimana dapat diaktifkan sebagai Pos Terpadu Penanggulangan Covid-19, ini kami lakukan dan hasilnya sangat efektif”, ungkap Kapolda Metro Jaya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Pimpin Konferensi Pers di Aula A. Yani Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur

Dalam kesempatan yang sama Kasdam Jaya Brigjen TNI M. Saleh Mustafa mewakili Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menyampaikan pandangan luas terkait penanganan kasus Covid-19, “Ini adalah sebagai bukti kerja keras yang selama ini dilakukan Satgas Covid-19, baik di wilayah DKI Jakarta maupun yang masuk ke wilayah Provinsi Jawa Barat, kita wajib mensyukuri dan akan terus menjalin kerjasama ini”, tutup Kasdam Jaya.

Check Also

Kodam Jaya Gelar Pembinaan Wasbang Bersama Menwa

Kodam Jaya-Cililitan Jakarta Timur. Kodam Jaya/Jayakarta menggelar acara Pembinaan Wawasan Kebangsaan yang bertajuk, ” Peran …