Home / Berita Satuan / Ikuti Simulasi Bahaya Kebakaran, Babinsa Koramil Cilincing Akan Terapkan Kepada Warga Binaan

Ikuti Simulasi Bahaya Kebakaran, Babinsa Koramil Cilincing Akan Terapkan Kepada Warga Binaan

Kodam Jaya – Cilincing. Babinsa Koramil-05/Cilincing Kodim 0502/Jakarta Timur Serda Ibrahim bersama Babinkamtibmas ambil bagian bersama perwakilan warga dalam Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran di wilayah Kecamatan Cilincing yang diadakan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara di halaman Kantor Kel. Semper Timur Jln. Madya Kebantenan Kec. Cilincing, Kamis (26/4/18).

Simulasi yang diadakan untuk memperingati Hari Tanggap Bencana Indonesia tersebut diikuti puluhan warga Kel. Semper Timur yang terkenal dengan kondisi rumah penduduknya yang padat dan memang rawan bahaya kebakaran. Serda Ibrahim yang turut dalam simulasi ini mengatakan bahwa simulasi tersebut menjadi bekal baginya sebagai Babinsa untuk memberikan pemahaman cara mencegah meluasnya kebakaran kepada warga binaan.

“Kebakaran bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Tidak sedikit kerugian yang diderita akibat bencana kebakaran, meski sebenarnya, kebakaran itu dapat dicegah supaya tidak membesar dan membahayakan. Caranya tetap tenang dan berusaha mencegah api supaya tidak membesar hingga mematikan api. Bagi saya, simulasi ini sangat berguna untuk disosialisasikan kepada warga binaan,” terang Serda Ibrahim.

Karenanya, menurut Serda Ibrahim dirinya harus benar-benar menguasai dan langsung memperagakan cara mengatasi api yang sedang berkobar tanpa rasa panik. “Saya sangat antusias dengan simulasi ini, karena mengajarkan kita agar tidak panik saat terjadi kebakaran di dekat kita, walaupun kita semua tidak ada yang ingin terkena musibah. Tapi siap siaga terlebih dulu, itu lebih baik,” sambungnya.

Kenyataan di masyarakat yang cenderung panik dan takut ketika api telah membesar berkobar, Serda Ibrahim menuturkan akan berusaha memberi motivasi, pengetahuan dan simulasi serupa kepada warga binaannya. “Bila sering dilatihkan, masyarakat tidak akan panik saat melihat kobaran api yang besar,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Saifulloh dan Lurah Semper Timur Cahyo Hudoyo SE, M.Ap yang langsung mengawasi simulasi tersebut, tidak bosan-bosannya menghimbau warga agar mengikuti simulasi dengan baik dan memperhatikan serta memperagakan tahapan simulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam situasi yang sebenarnya.

Check Also

Tekan Penyebaran Covid-19 Babinsa Koramil 01/Koja Intens Laksanakan Patroli Malam

Kodam Jaya – Jakarta utara. Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil-01/Koja dan Bhabinkamtibmas Polsek …