Home / Berita Satuan / Jaga Netralitas, Kodim Pusat  Berikan Pembinaan Anggota

Jaga Netralitas, Kodim Pusat  Berikan Pembinaan Anggota

Kodam Jaya – Jakarta. Menjelang pelaksanaan pemilu ataupun pemilukada tahun 2018, TNI dituntut untuk selalu menjaga netralitas supaya tetap profesional dalam menjaga kedaulatan negara. Menindaklanjuti komitmen tersebut Kodim Jakarta Pusat menggelar sosialisasi dan pembinaan tentang netralitas kepada seluruh anggota sekaligus Persit jajarannya di Aula Makodim Jl. Selaparang Kav 1 Blok B 11, Kemayoran, Jakarta Pusat. Selasa (20/3)

Melalui pembinaan netralitas TNI ini kita wujudkan prajurit yang Profesional, tidak berpolitik praktis, netral dalam politik dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis, tidak berpihak demi suksesnya penyelenggaraan pemilukada diseluruh wilayah NKRI.

Pgs Kasdim 0501/JP BS Letkol Czi Ridwan Ali Abdul, S.sos, M.sc, M.A  penyampaikan bahwa pembinaan netralitas TNI ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebagai pegangan untuk dipedomani oleh seluruh prajurit dan keluarganya  sehingga dapat memahami implementasi netralitas TNI dalam pemilukada.

“Mari kita pahami konsep netralitas TNI, dalam sikap tidak berpihak kepada siapapun, TNI tidak boleh terlibat dan mendukung secara langsung atau tidak langsung pada salah satu peserta , sangat pentingnya sikap netralitas dalam membangun demokrasi dan profesionalisme,”pintanya.

Menurut Ridwan, pemilukada akan dilaksanakan secara serentak di 171 daerah dari 17 Provinsi, 115 Kabupaten dan 39 Kota yang tersebar diseluruh Indonesia, selaku aparat kita harus selalu koordinasi intensif dengan aparat penegak hukum dalam upaya mengantisipasi gesekan horizontal di masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini selain anggota Kodim juga dihadirkan dari balakpus lain di antaranya Puspenerbad, Dittopad, Ditkuad, Yonbekangrad 3 serta ormas FKPPI, PPM dan anggota Persit KCK Cabang XV PD Jaya.

Check Also

Babinsa Koramil 05 TA Monitor Pembagian Sembako Kepada Warga Papua Tanah Abang

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Danramil 05/Tanah Abang Mayor Arh Saryono dan anggota memonitor kegiatan …