Home / Berita Utama / Jamin Keamanan Masyarakat Gunakan Hak Pilih, Kodam Jaya Gelar Apel Tiga Pilar

Jamin Keamanan Masyarakat Gunakan Hak Pilih, Kodam Jaya Gelar Apel Tiga Pilar

Kodam Jaya – Cililitan. Kasdam Jaya/Jayakarta Brigadir Jenderal TNI Suharyanto memimpin Apel Gabungan Tiga Pilar bertajuk ‘Siap Amankan Pemilu 2019’ di Lapangan Jayakarta, Makodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo No.5, Cililitan, Jakarta Timur, Selasa (19/3).

Apel bersama antara anggota TNI, Polri dan aparat Pemprov DKI Jakarta ini bertujuan untuk memadukan langkah dan soliditas dalam pengamanan Pemilu April mendatang. “Apel ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi, sinergitas, keterpaduan dan koordinasi serta komunikasi antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah yang selama ini sudah terjalin dengan baik,” kata Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam Jaya.

Selaku Dangartap I/Jakarta, Mayjen TNI Eko Margiyono juga mengatakan bahwa soliditas antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah yang terbangun dari koordinasi dan kerja sama telah menciptakan rasa aman di Jakarta dan sekitarnya. “Soliditas yang sudah kita laksanakan terbukti mampu mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah Jakarta, ini terwujud bukan karena prestasi kerja instansi tertentu, tapi karena adanya koordinasi dan kerja sama yang baik antar instansi di wilayah DKI Jakarta,” tambah Pangdam.

Kondisi ini, lanjutnya, perlu dijaga dan dipertahankan terutama untuk menghadapi tugas pengamanan pesta demokrasi yang akan digelar bulan depan. “Jaminan keamanan selama pelaksanaan Pileg dan Pilpres, harus benar-benar kita berikan agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara,” tambahnya.

Mantan Danjen Kopassus ini juga menegaskan perlunya mematuhi netralitas TNI-Polri sesuai peraturan yang berlaku. “Kita selaku Aparat Negara hendaknya tetap menjunjung tinggi netralitas TNI-Polri sesuai peraturan yang jelas dan tegas serta berisi pedoman dan larangan-larangan yang harus dipatuhi,” tegasnya.

Maraknya fenomena haters dan hoaks yang makin banyak bermunculan menjelang Pileg dan Pilpres 2019, juga menjadi sorotan dan keprihatinan Pangdam Jaya. Menurutnya, diperlukan sikap cerdas dan pandai dalam memilih berita yang positif serta bermanfaat, sehingga bisa membentengi diri dari pengaruh negatif dari serangan media sosial kelompok yang tidak bertanggung jawab. ”Saya harap kita mampu memerangi berita bohong atau hoaks yang menyudutkan pihak-pihak tertentu termasuk TNI-Polri maupun aparat pemerintahan secara bijak,” harap Pangdam.

Apel gabungan ini turut dihadiri Kasgartap I/Jakarta Brigjen TNI Heriyanto Saputra, Sekda DKI Jakarta Saefullah mewakili Gubernur DKI Jakarta dan Kaurops Polda Metro Jaya Kombes Komarul Z mewakili Kapolda Metro Jaya.

Check Also

Pgs. Wakapendam Jaya : Mengajak Insan Media Ikut Serta Dalam Kegiatan TMMD Ke-109 TA 2020 di Wilayah Kodam Jayakarta

Kodam Jaya – Kota Bekasi, Letkol Inf Drs. Audy Kumontoy yang saat ini diberikan kepercayaan …