Home / Berita Satuan / Kali Cabang Tengah Tersumbat, Kodim Bersama DPUPR Depok Singkirkan Tumpukan Sampah

Kali Cabang Tengah Tersumbat, Kodim Bersama DPUPR Depok Singkirkan Tumpukan Sampah

Kodam Jaya – Depok. Ratusan petugas gabungan dari Kodim 0508/ Depok bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terjun membersihkan Kali Cabang Tengah dan Cabang Barat dari tumpukan sampah di Kel. Grogol, Kec. Limo, Depok, Sabtu (14/04).

Usai apel, pembersihan dimulai dari pukul 07.30 hingga 11.00 WIB, sedikitnya melibatkan 50 prajurit dan 70 petugas DPUPR Kota Depok. Dandim Depok Letkol Inf Iskandarmanto menjelaskan pembersihan kali dan irigasi dilakukan demi kelancaran air.

Menurutnya, masyarakat yang tinggal di sekitar Kali harus lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan. “Komitmen memerangi sampah dengan tidak membuangnya di sembarang tempat harus diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga kota Depok dapat terbebas dari sampah dan menjadi bersih”, kata Dandim.

Selama proses pembersihan Dandim mengajak peran serta aktif semua lapisan masyarakat. “Mari kita jaga kebersihan lingkungan, buanglah sampah pada tempatnya, atau laporkan pada kami bila menemukan ada pelintas yang dengan sengaja membuang sampah di sini” harap Dandim.

Selain aksi bersih-bersih para petugas gabungan juga melakukan penghijauan dengan menanam sejumlah pohon di sepanjang bantaran Kali Cabang Tengah dan Barat pasca terbebas dari sampah, endapan lumpur dan ilalang yang turut menggangu kelancaran air.

Menurut Kabid SDA Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah, karya bakti tersebut merupakan rangkaian dari upaya normalisasi khusus area yang tidak terjangkau alat berat. Dijelaskannya, selain antisipasi banjir, pembersihan dilakukan untuk mencegah penumpukan lumpur yang mengakibatkan pendangkalan.

“Kalau ini terjadi, nantinya akan menghambat lajunya air menuju hilir dan kawasan persawahan sehingga dapat merugikan para petani” jelas Citra. Citra berharap, normalisasi yang dilakukan hingga Jumat (20/4) mendatang bisa mencapai target dan yang terpenting adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat terutama pada ekosistem Kali tersebut.

“Semoga aksi ini semakin menyadarkan kita untuk lebih peduli terhadap kebersihan,” ajaknya kepada sebagian warga yang turut membantu dan menyaksikan pembersihan.

Check Also

Optimalkan Putus Rantai Penularan Covid-19 Keluarga Besar TNI Jakarta Pusat Perkuat Tim Patroli Tiga Pilar

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. FKPPI (forum komunikasi putra putri purnawirawan Indonesia), PPM (Pemuda Panca …