Home / Berita Satuan / Kampung Pancasila : Koramil 03/Srp Gerakan Ketahanan Ekonomi Ditengah Pandemi

Kampung Pancasila : Koramil 03/Srp Gerakan Ketahanan Ekonomi Ditengah Pandemi

Kodam Jaya – Tangerang. Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor kehidupan. Dibatasinya aktifitas membuat roda kehidupan seakan berhenti berputar. Beban ekonomi menjadi terasa berat karena peluang usaha, peluang bekerja masyarakat terhenti karena dampak pandemi Covid-19.

Bantuan Sosial dari pemerintah diharapkan dapat membantu masyarakat mencukupi keperluan hidup namun begitu kompek kebutuhan yang harus dipenuhi.

Masyarakat harus kembali bekerja dan berwirausaha agar roda ekonomi keluarga kembali dapat perputar.

Hal inilah yang mendasari diadakannya Lokakarya di “Kampung Pancasila RW 022 “, oleh Koramil 03/Srp Kodim 0506/Tgr melalui Babinsa Sertu Aun di wilayah binaannya bersama KKN UMT dengan tema “Membangun Ketahanan Ekonomi Keluarga Selama Pendemi Covid-19, Berwawasan Kearifan Lingkungan Dengan Menggali Potensi Tanaman Aloe Vera”, di Kelurahan Pakujaya Kec Serut, Tangerang ,Sabtu (27/02/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Lurah Paku Jaya Bapak Astari SPD, Dosen UMT Dr Tri H, Binamas Bripka Arif W, Ketua RW dan RT, TIM KKN UMT dan Karang Taruna RW 022.

Disampaikan Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono melalui Danramil 03/Srp Mayor Arm Sidik Abriyanta, bahwa pelaksanan lokakarya di Kampung Pancasila dengan mengadakan sebuah pelatihan ketahanan ekonomi guna membangkitkan dan mendorong para wirausaha termasuk juga para ibu rumah tangga ditengah pandemi Covid -19.

“Pentingnya lokakarya ini dengan tujuan menumbuhkan perekonomian khususnya di wilayah Kelurahan Pakujaya agar dapat bangkit dan bergerak kembali.

“Diharapkan melalui lokakarya ini, ada berbagai strategi pemulihan ekonomi, salah satunya dengan produktif memanfaatkan potensi wilayah atau lingkungan dalam menggerakkan lebih produktif ekonomi warga, contohnya makanan, jajanan, kerajinan dan lain-lain”, ujar Danramil.

Selain itu, ditengah kemajuan digital, kata Danramil, dapat dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga secara positif dengan berjualan online.

Dengan adanya Lokakarya ini, ada sebuah harapan menanti di depan. Apapun usaha yang telah dan akan dimulai, mari kita bangkitkan untuk menggerakan roda perekonomin warga meskipun ditengah pandemi ini”, pungkas Danramil.(Sumber Kodim 0506/Tgr).

Check Also

TNI Launching BTPKLW Diwilayah Kodim 0504/Jakarta Selatan

Kodam Jaya – Jakarta Selatan. Dandim 0504/JS Kolonel Inf Jamaluddin, S.I P., Lounching Penyaluran Bantuan …