Home / Berita Utama / Kasdam Jaya Ikuti Rapurna TMMD Ke-41 TA 2020 Melalui Video Conference

Kasdam Jaya Ikuti Rapurna TMMD Ke-41 TA 2020 Melalui Video Conference

Kodam Jaya – Cililitan. Kasdam Jaya Brigjen TNI M. Saleh Mustafa bersama Muspida DKI Jakarta, Komandan Korem 051/Wkt, Komadan Korem 052/Wkr dan para Dandim mengiuti Rapat Paripurnapur (Rapurna) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-41 TA 2020 melalui video conference (vidcon) bertempat di Ruang Rapat LT. IV Gd. Jenderal TNI Umar Wirahadikusumah Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan-Jakarta Timur, Senin (30/11/2020).

Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19, maka Rapurna TMMD Ke-41 diselenggarakan oleh Mabesad secara vidcon dan diikuti para Kasdam, Aster Kasdam dan Kapendam seluruh Kotama dan juga para Muspida yang terlibat dalam program TMMD.

Adapun yang dibahas adalah dalam Rapurna TMMD Ke-41 TA 2020 yaitu mengenai laporan dan evaluasi pelaksanaan TMMD Ke-107, 108 dan 109 TA 2020, rencana Umum pelaksanaan TMMD TA 2021 yang akan dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam 1 tahun.

Program TMMD Ke 110 akan dilaksanakan pada Minggu I Maret sd Minggu V Maret 2021, TMMD Ke 111 akan dilaksanakan pada Minggu Ke III Juni sd Minggu Ke III Juli 2021 dan Program TMMD Ke 112 akan dilaksanakan pada Minggu Ke III September sd Minggu Ke II Oktober 2021 yang akan datang.

Selain membahas tentang waktu pelaksanaan juga dibahas rencana sasaran Program Terpadu TMMD TA 2021 dan sinergitas dengan Kementrian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian untuk penyelenggaraan Program Terpadu TMMD Ke-110, Ke-111 dan Ke-112 TA 2021 yang akan datang.

Dalam Rapurna TMMD Ke-41 TA 2020 dari Panitia Lomba Karya Jurnalistik dari Satuan Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) juga mengevaluasi tentang pelaksanaan Lomba Karya Jurnalistik TMMD Ke-107, Ke-108 dan Ke-109 TA 2020 yang baru saja berlalu.

Panitia Lomba Jurnalistik dari Dispenad mengevaluasi mengenai publikasi di media online, selama kegiatan TMMD TA 2020 terhitung sebanyak 41 % media online yang tidak terverifikasi Dewan Pers dilaporkan oleh Dansatgas sehingga Panitia tidak menilai.

Kemudian masih ada beberapa Karya Jurnalistik dibidang Video atau Elektronik yang tidak di kirimkan oleh Dansatgas atau Kapendam, publikasi kegiatan TMMD di media online, Media Cetak dan Media Elektronik merupakan kewajiban oleh Dansatgas juga Kapendam untuk melaporkannya, kata Panitia Lomba Jurnalistik TMMD.

Untuk itu Himbauan dari panitia lomba publikasi, agar laporan publikasi TMMD sebaiknya dicicil mulai Minggu I pelaksanaan kegiatan dan jangan di borong karena selain merepotkan panitia lomba publikasi juga dapat merugikan para peserta sendiri terutama Dansatgas TMMD dan Kapendam sebagai peserta Lomba Karya Jurnalistik TMMD.

Lomba Publikasi TMMD selain diikuti oleh Dansatgas dan para Kapendam seluruh Kotama juga di lombakan bagi awak media dengan kategori wartawan media online dan cetak, serta wartawan elektronik yang tentunya medianya sudah terverifikasi Dewan Pers.

Maka itu Diharapkan setiap para Dansatgas dan para Kapendam diharapkan mengikutkan wartawan binaannya untuk mengikuti lomba tulisan Karya Jurnalistik TMMD, terutama Media Nasional atau Media Mainstream yang ada di wilayahnya masing-masing Satgas, agar gaungnya kegiatan TMMD lebih viral dan kegiatanya diketahui oleh masyarakat.

Panitia Lomba Jurnalistik Dispenad, akan mengirimkan hasil perolehan nilai lomba publikasi jurnalistik TMMD yang sudah dikirim ke pada panitia dari setiap Satgas tentang bobot nilai pemberitaan setiap minggunya di group WA Dansatgas dan Kapendam Lomba Publikasi TMMD.

Tujuan dari Program TMMD yaitu dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di Pedesaan, daerah terpencil, daerah perkotaan dan daerah yang terdampak bencana alam.

Check Also

Peringati HUT Dirajenad : Ajendam Jaya Gelar Acara Syukuran

Kodam Jaya – Cililitan. Hari Ulang Tahun ke-70 Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat tepatnya jatuh …