Home / Berita Utama / Kasdam Jaya/Jayakarta Hadiri Upacara Peringatan Ke-73 Hari Rapat Raksasa Ikada Di Monas

Kasdam Jaya/Jayakarta Hadiri Upacara Peringatan Ke-73 Hari Rapat Raksasa Ikada Di Monas

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan ke-73 Hari Rapat Raksasa Ikada. Upacara digelar di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018) sekitar pukul 07.40 WIB dan dihadiri Pegawai Negeri Sipil, para veteran kemerdekaan dan jajaran TNI termasuk didalamnya Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto yang hadir mewakili Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto.

Dalam Sambutannya, Gubernur DKI ini menyampaikan bahwa saat itu Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno memberikan pidato dalam rangka peringatan satu bulan hari proklamasi di hadapan 250 ribu penduduk Jakarta di pelataran yang sekarang terletak di sebelah selatan lapangan Monumen Nasional (Monas).

“Kejadian ini perlu kita peringati bukan semata karena ini masa lalu. Tapi ini sebuah pesan bahwa ada soliditas kemanunggalan antara pemimpin, para deretan kaum pengambil keputusan, dengan rakyat kebanyakan yang berkumpul di lapangan Ikada waktu itu adalah warga dari kampung-kampung di Jakarta,” jelas Anies.

Mantan Mendikbud ini mengajak kepada penduduk Indonesia pada umumnya, agar peringatan ini bukan hanya sekedar menjadi formalitas. “Momentum peringatan ini harus dimaknai dengan manunggal, yakni menjadi satu dalam sikap dan tingkah laku, luluh tak terpisahkan antara kepentingan rakyat, aspirasi rakyat, dengan kebijakan yang dibuat oleh pemimpin dan pemerintah. Ini adalah satu komitmen yang harus kita tunaikan. Soliditas itu harus kita teruskan, jangan sampai pemimpin rakyat itu dalam posisi yang tidak sejalan dan tidak bersama. Ini adalah satu moment untuk mengingatkan kita semua,” ujarnya.

Setelah pelaksanaan upacara peringatan, Kasdam Jaya/Jayakarta bersama Gubernur serta seluruh pejabat Forkopinda Provinsi DKI Jakarta melakukan penanaman pohon di depan patung monumen Ikada. Pada kesempatan kali ini, Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Suharyanto menanam pohon sukun dan Jambu.

Turut hadir mendampingi Kasdam Jaya/Jayakarta adalah Dandim 0501 BS/JP Letkol Inf Wahyu Yudayana dan Danramil Gambir.

Check Also

Konferensi Pers Lanjutan Pananganan dan Penyelidikan Perkara Perusakan Polsek Ciracas dan Sekitarnya

Kodam Jaya – Gambir Jakarta. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abduracman, S.E., M.M, laksanakan konferensi …