Home / Berita Satuan / Kasdam Jaya: Peristiwa PETA Harus Dapat Dijadikan Inspirasi Untuk Membangun Bangsa

Kasdam Jaya: Peristiwa PETA Harus Dapat Dijadikan Inspirasi Untuk Membangun Bangsa

Kodam Jaya – Jakarta. Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Heriyanto Syahputra SIP, MSI memimpin ziarah peringatan Peristiwa Pertempuran Pemberontakan Peta Blitar ke 73, di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan. Rabu (14/02).

Turut hadir dalam upacara tersebut Menteri Sosial RI Idrus Marham, Ketua Yapeta H.Tinton Soeprapto, Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto, Kadisjarahad Brigjen TNI Djashar Djamil, Bupati Lahat Aswani Rifai, Aster Kasdam Jaya, Asmin Kasgar, para mantan pejuang dan Keluarga Besar Tentara Besar Peta Generasi Penerus.

Laskar Peta yang melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 dibawah kepemimpinan Supriyadi, menginspirasi timbulnya perlawanan di daerah lain. Perlawanan yang dilakukan Supriyadi merupakan perlawanan yang paling dahsyat atas kependudukan Jepang di Indonesia yang dipicu dari rasa empati serta kepedulian para tentara PETA akibat siksaan yang mereka lalukan, baik lahir maupun batin yang dialami rakyat Indonesia oleh penjajah Jepang.

Disampaikan oleh Kasdam Jaya bahwa Pemberontakan PETA walaupun dari sisi kejadiannya terlihat kurang efektif karena hanya berlangsung dalam beberapa jam dan mengakibatkan tertangkapnya hampir seluruh anggota pasukan PETA yang memberontak kecuali Suprijadi, namun dari sisi dampak yang ditimbulkan adalah merupakan peristiwa yang mampu membuka mata dunia.

“Cikal bakal pemimpin Republik ini ternyata telah dipersiapkan dan pemberontakan PETA telah menggoreskan tinta emas dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia karena peristiwa tersebut merupakan satu-satunya pemberontakan yang dilakukan oleh tentara didikan Jepang. Bahkan, pemberontakan ini boleh dikata sebagai satu-satunya fenomena anak didik Jepang yang berani melawan tuannya diseluruh kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur yang dijajah pemerintah kolonial Jepang,” jelas Kasdam.

Selain itu Kasdam juga menjelaskan bahwa pemberontakan PETA terhadap tentara Jepang 73 tahun lalu, harus dijadikan inspirasi seluruh bangsa Indonesia untuk terus berubah menjadi lebih baik. “Kegiatan peringatan peristiwa pertempuran pemberontakan Peta Blitar kepada generasi muda sebagai penerus perjuangan Bangsa dan diharapkan generasi muda dapat mempelajari, menghayati, dan meneladani peristiwa-peristiwa penting dalam bersejarah, karena hal ini sangat penting artinya bagi kelangsungan Bangsa dan Negara. Mengingat hanya Bangsa yang besar yang mau menghormati jasa-jasa para Pahlawan dan pendahulunya,” harap Kasdam.

Check Also

Tekan Penyebaran Covid-19 Babinsa Koramil 01/Koja Intens Laksanakan Patroli Malam

Kodam Jaya – Jakarta utara. Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil-01/Koja dan Bhabinkamtibmas Polsek …