Home / Berita Utama / Kasdam Perintahkan Kontingen Kodam Jaya Tunjukan Kemampuan Terbaik Di Ajang Ton Tangkas Periode II 2018

Kasdam Perintahkan Kontingen Kodam Jaya Tunjukan Kemampuan Terbaik Di Ajang Ton Tangkas Periode II 2018

Kodam Jaya -Cipatat. Bertindak mewakili Kasad, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman secara resmi membuka lomba Peleton (Ton) Tangkas TNI AD Periode II Tahun Anggaran 2018 di Lapangan Upacara Pusdik Infanteri Pussenif Kodiklatad, Cipatat, Jawa Barat, Senin (30/4/18).

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakasad, Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan bahwa tujuan utama lomba Ton Tangkas adalah untuk mengevaluasi hasil pembinaan latihan setiap satuan sekaligus untuk mengukur standar kemampuan Prajurit.

“Lomba Ton Tangkas telah dijadikan agenda rutin dan menjadi bagian dari sistem pembinaan satuan TNI AD,” ujarnya.

Kasad juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan lomba Ton Tangkas harus mampu membangun sistem evaluasi yang obyektif dan baku, sehingga TNI AD akan terus membangun sistem yang adaptif sesuai kekinian namun berlaku universal dan terstandarisasi.

“Tujuan lomba Ton Tangkas ini juga untuk mengetahui kesiapan sekaligus pencapaian profesionalisme satuan setingkat Peleton, sehingga peserta lomba ditentukan secara acak melalu mekanisme pengundian yang adil,” lanjutnya.

Upacara pembukaan dihadiri oleh Dankodiklatad, para Pangdam/Kasdam, Pangdif 1 dan 2 Kostrad, para Asisten Kasad, para Danpuscabfung dan para Dir/Kabalakpus TNI AD.

Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Heriyanto Syahputra yang hadir mewakili Pangdam Jaya dalam upacara tersebut memberikan motivasi kepada kontingen Ton Tangkas Kodam Jaya yang diwakili oleh Peleton dari Yonkav 7/PS. “Tunjukan kemampuan terbaik kalian, pelihara semangat, kekompakan dan junjung tinggi sportivitas saat bertanding, sehingga semua rangkaian lomba berjalan lancar dan sukses mencapai hasil maksimal,” tegas Kasdam Jaya.

Kepada tim pendukung termasuk tim kesehatan, Kasdam Jaya meminta agar menempatkan petugas di titik-titik rawan, sehingga cepat dapat mengatasi segala gangguan yang terjadi. “Kepada peserta dan pendukung lomba, saya tekankan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan personel dan materiil yang dipertanggungjawabkan masing-masing,” pungkas Kasdam Jaya.

Lomba bergensi di TNI AD ini diikuti 15 peserta dari 13 Kodam dan 2 dari Kostrad yang akan berebut posisi terbaik dengan menjuarai di setiap materi lomba. Materi yang dilombakan berupa lintas medan, renang militer, kesegaran jasmani A, menembak pistol dan senapan, ilmu medan (navigasi darat), HTF dan halang rintang.

About redaksi