Home / Berita Satuan / Kasdim Tangerang Ajak Mahasiswa Amalkan Nilai Pancasila

Kasdim Tangerang Ajak Mahasiswa Amalkan Nilai Pancasila

Kodam Jaya – Tangerang. Plt. Kasdim Tangerang, Mayor Inf Rohani memaparkan nilai-nilai Pancasila dihadapan ratusan mahasiswa dalam Seminar Kebangsaan di Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS), Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang Kota, Tangerang, Banten, Kamis (19/9/19).

Dalam paparannya, Rohani menyebut, Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia tidak perlu didiskusikan kembali kedudukannya. “Setuju atau tidak setuju, Pancasila sebagai ideologi negara adalah bersifat final,” tegasnya.

Dalam perkembangan jaman saat ini, nilai-nilai Pancasila, jelas Rohani, perlu diajarkan kembali dengan metode yang tepat, terutama di lingkungan pendidikan. “Rendahnya pengamalan Pancasila, menyebabkan generasi muda banyak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan seks bebas yang menggerus jiwa kejuangan, kerelaan berkorban, semangat nasionalisme dan cinta tanah air, sehingga perlu ditanamkan kembali nilai-nilai Pancasila yang utuh,” ujarnya.

Generasi muda yang mencintai Pancasila sebagai ideologi negara, lanjut Rohani, akan menguatkan semangat bela negara sesuai perannya masing-masing. “Bela negara bagian dari hak dan kewajiban sebagai warga negara, generasi muda khususnya mahasiswa punya kewajiban untuk belajar dengan baik sebagai wujud bela negara tersebut, mari amalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Seminar Kebangsaan dengan tema ‘Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Paham Rasisme untuk Indonesia Satu ini turut dihadiri, Rektor UNIS Mustofa Kamil, Wakil Rektor III UNIS Suhaya , Kepala Kesbangpol Kota Tangerang Deni Koswara dan Kabagops Polres Metro Tangerang AKBP Anggun Cahyo.

About redaksi