Home / Berita Satuan / Keberadaan Babinsa Harus Bisa Dirasakan Warga Binaannya

Keberadaan Babinsa Harus Bisa Dirasakan Warga Binaannya

Kodam Jaya – Depok. Sebagai ujung tombak satuan teritorial, peran Babinsa harus dirasakan dan dibutuhkan masyarakat. Untuk itu kemampuan penguasaan wilayah binaan melalui komunikasi sosial (Komsos) harus dikembangkan sehingga Babinsa dapat diterima secara baik oleh masyarakat. Segala permasalahan di wilayah binaan akan dapat diketahui dan diselesaikan dengan cepat bila antara Babinsa dengan masyarakat terjalin kemitraan yang harmonis.

Hal inilah yang diyakini dan dilakukan Serka Musoliudin Babinsa Tugu Koramil 06/Cimanggis Kodim 0508/Depok yang secara rutin menjalin komunikasi dengan komunitas pedagang di Pasar Pasligunung Kel. Tugu Kec. Cimanggis.

Saat Komsos dengan para pedagang di Pasar Palsigunung, Musoliudin selalu mengajak seluruh komunitas pedagang untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekaligus menjaga barang yang dijual serta turut menjaga kondisi keamanan.

“Bersinergi dengan komunitas pedagang di wilayah dapat memperat hubungan kerjasama dengan Koramil. Komunitas pedagang pasar merupakan salah satu mitra karib untuk melaksanakan pengamanan dan pembinaan teritorial di wilayah,” kata Musoliudin, Rabu, (28/2/18).

Menurut Musoliudin, di Pasar Palsigunung setiap harinya selalu ramai dengan pelaku pasar. Pedagang banyak yang menjual segala macam kebutuhan, mulai dari sembako hingga menjual segala jenis makanan dan minuman ringan. Musoluidin menambkan, meski hanya pasar tradisional, tapi keberadaan Pasar Pasligunung telah turut memutar roda ekonomi warga Kel. Tugu dengan cepat.

Salah satu pedagang sebut saja namanya Sari merasa senang dan aman dengan kehadiran Babinsa di tempat dia berjualan. Menurut pedagang sembako yang sudah 6 tahun berjualan ini, selain ramah Musoliudin juga dikenal sering membantu menyelesaikan masalah para pedagang.

“Saya sudah 6 tahun jualan, Pak Musoliudin rajin datang ke sini. Semua pedagang akrab dengannya bahkan kami sering dibantu Pak Musoliudin. Beliau selalu berpesan agar pedagang sama-sama jagain pasar supaya aman” ujar Sari saat dibantu menata dagangannya oleh Serka Musoliudin.

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …