Home / Berita Satuan / Kegiatan Non Fisik TMMD 102 Tigaraksa Sadarkan Masyarakat Sebagai Warga Negara Yang Baik

Kegiatan Non Fisik TMMD 102 Tigaraksa Sadarkan Masyarakat Sebagai Warga Negara Yang Baik

Kodam Jaya – Tigaraksa. Salah satu kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 0510/Tigaraksa adalah dengan melaksanakan kegiatan penyuluhuan Hukum dan Bahaya Narkoba. Kegiatan penyuluhan kali ini dibuka langsung oleh Danramil 08/Kronjo Kapten Cpm Djalaluddin Putra di SMAN 9 Kabupaten Tangerang, Rabu (25/07/2018).

Penyuluhan diberikan kepada 132 orang yang pesertanya terdiri dari 155 orang warga, 109 orang Siswa dan 6 orang dewan guru. Sedangkan pemberi materi sebanyak 17 orang berasal dari instansi terkait seperti Polsek, Dinas pertanian dan Koramil setempat. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan dalam rangka untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen masyarakat tentang kesadaran hukum dan bahaya narkoba.

Sebelum dimulai penyuluhan, Danramil menyampaikan sambutannya tentang keberadaan hukum dan bahaya narkoba di Indonesia. “Indonesia adalah negara hukum, untuk itu semua masyarakat harus dapat mempedomani semua aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dengan demikian masyarakat dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga Negara yang baik.  Menyikapi masalah bahaya narkoba, saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjauhi segala bentuk penyalahgunaan narkoba. Pemerintah sudah mencanangkan Darurat Narkoba, artinya keberadaan narkoba saat ini sangat mengancam kehidupan masyarakat di semua lapisan,” jelas Danramil.

Sementara itu pihak kepolisian dalam penjelasan materinya mengingatkan kepada peserta agar mentaati semua peraturan yang ada. “Aturan dan perundang-undangan yang ada dibuat untuk ditaati untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuan dalam bentuk negara. Undang-undang dapat pula dikatakan sebagai kumpulan-kumpulan prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintah, hak rakyat, dan hubungan di antara keduanya,” jelasnya.

Ditempat yang sama, pemberi materi dari Dinas pertanian menyampaikan pemanfaatan keterbatasan lahan untuk bercocok tanam tanaman-tanaman yang produktif, sehingga dapat bermanfaat bagi keluarga. Kegiatan TMMD non fisik akan dilaksanakan secara bergantian dari setiap Koramil yang ada di wilayah Kodim 0510/Tigaraksa hingga pelaksanaan TMMD ini berakhir pada tanggal 8 Agustus 2018.

Check Also

Danramil 02/PG Bersama Kapospol Wahana Pantau Dan Pastikan Sesuai Protkes Acara Pernikahan Artis Sutisna alias Sule

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Dalam suasana pandemi saat ini, semua acara yang akan menimbulkan …