Home / Berita Utama / Kemensos RI Laksanakan Koordinasi Dengan Kodam Jaya Antisipasi Bencana Alam Akibat Fenomena Anomali Iklim La Nina

Kemensos RI Laksanakan Koordinasi Dengan Kodam Jaya Antisipasi Bencana Alam Akibat Fenomena Anomali Iklim La Nina

Kodam Jaya – Cililitan. Mayjen TNI Dudung Abdurachman S.E.,M.M., menerima Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam M. Syafii Nasution dan rombongan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam rangka koordinasi antisipasi terjadinya bencana alam akibat fenomena anomali iklim La Nina, bertempat di ruang tamu Pangdam Jaya, Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta timur, Selasa (3/11/2020).

Koordinasi ini perlu dilakukan sesuai pernyataan dari Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengungkap sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami banjir akibat fenomena anomali iklim La Nina.

Banjir diprediksi akan terjadi mulai November 2020 hingga Januari 2021, sehingga perlunya antisipasi dampak La Nina berupa bencana hidrometeorologi banjir, banjir bandang, longsor angin kencang dan puting beliung.

Selaras dengan instruksi Presiden Joko Widodo, meminta jajarannya untuk bersiap mengantisipasi peningkatan curah hujan di Indonesia akibat fenomena anomali iklim La Nina. Data menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia sebesar 20 hingga 40 persen di atas normal.

Kemensos RI berkeinginan bersinergi dengan Kodam Jaya dalam rangka mengantisipasi dan menghadapi fenomena anomali iklim La Lina dan musim hujan, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam M. Syafii Nasution mengatakan bahwa Kemensos RI sudah melakukan MOU dengan Kopassus dalam rangka sinergitas penanganan bencana alam di seluruh wilayah Indonesia.

Selanjutnya tujuan dari pada Kemensos RI menggandeng TNI khususnya Kodam Jaya, diharapkan dalam penangan bencana alam dapat dilakukan dengan bersinergi sehingga ketika terjadi bencana alam dapat lebih cepat dalam penanganannya.

Pangdam Jaya mengatakan, “Kodam Jaya menyambut baik niat dari Kemensos RI dan selama ini juga TNI khususnya Kodam Jaya selalu memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran serta turut andil setiap terjadi bencana alam di wilayah teritorial Kodam Jaya”, ujar Pangdam Jaya.

Johnny Siahaan sebagai koordinator dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) di wilayah Jakarta menjelaskan, “Bahwa Tagana merupakan relawan dibawah naungan Kemsos RI, yang mana relawan Tagana ini akan turun langsung ke lokasi setiap terjadi bencana alam di wilayah Indonesia, sama seperti Basarnas dan BNPB, tugas Tagana di khususkan dari relawan lainnya yaitu bertugas dalam pendirian tenda pengungsi dan dapur umum serta logistik bagi korban bencana alam”, tutupnya.

Check Also

Kodam Jaya Klarifikasi Tentang Viralnya Video Pendek Berdurasi 17 Detik Prajurit TNI AD Saat Perjalanan Melaksanakan Tugas Pam Objek Vital Bandara Soekarno Hatta

Kodam Jaya-Cililitan, Pgs. Kapendam Jaya Kolonel Inf Refki Efriandana Edwar mengklarifikasi tentang sempat viralnya video …