Home / Berita Satuan / Kementan RI Gandeng Jajaran Korem Wijayakarta, Bentuk Tim Sergap

Kementan RI Gandeng Jajaran Korem Wijayakarta, Bentuk Tim Sergap

Kodam Jaya – Cikarang. Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun dan Dandim 0509/Kab.Bekasi bersama Kepala Badan Karentina Kementan RI Ibu Ir. Banun Sri Harbini melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka percepatan realisasi target penyerapan gabah petani di wilayah Kodim 0509/Kab.Bekasi T.A 2018. Rapat yang juga bertujuan untuk memenuhi target hasil panen padi tersebut dilaksanakan di Aula Babinsa Kodim 0509/Kab. Bekasi. Selasa (20/2/2018).

Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun dalam sambutannya menyampaikan bahwa wilayah jajarannya akan mendukung sepenuhnya program pemerintah, sebagai upaya dalam menjaga ketersediaan bahan pangan. “Saya menganggap permasalahan ini urgent dan perlu mendapatkan atensi semua pihak, dari Kementan, Bulog, TNI, kelompok tani termasuk para petani didalamnya untuk menjaga ketahanan pangan. ” terang Danrem.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Badan Karentina Kementan RI, Ibu Ir. Banun Sri Harbini. Dalam penjelasannya menyampaikan bahwa semua pihak bersama-sama memahami dan mengerti gambaran pelaksanaan pertanian yang telah direncanakan. “Sergap kepanjangan dari serapan gabah yang mempunyai target mempercepat upaya Bulog untuk menyerap gabah dari petani sehingga mencegah harga gabah petani anjlok,” terangnya.

Ibu Ir. Banun Sri Harbini juga mengingatkan bahwa bulan Februari sampai dengan bulan April 2018 adalah musim panen. Sergap harus dilaksanakan agar harga beras dapat dikontrol sehingga tidak merusak harga gabah petani. Sebagai Kepala Badan Karentina Kementan RI mengajak TNI terutama Kodim 0509/Kab.Bekasi, Korem 051/Wkt untuk segera merealisasikan Tim Sergab yang dipimpin Dandim serta mengumpulkan mitra bulog seperti pengilingan padi, pedagang dan pengumpul atau tengkulak, untuk membantu melakukan Sergap.

Tim Sergap diharapkan juga harus bisa melakukan pengawasan terhadap pedagang dan pengumpul, supaya gabah tidak masuk dari daerah lain untuk menjaga harga gabah. Selain itu tim Sergab juga harus bekerjasama dengan para pedagang dan tengkulak agar sebagian hasil pembelian gabah dapat dialokasikan serta menyiapkan dana minimal kurang lebih 20 juta, sebagai stater pembelian gabah sebelum dana dari BRI cair.

Sementara itu Dandim 0509/Kab.Bekasi Letkol Arh Henri Yudi Setiawan S.I.pem menyampaikan bahwa masalah pertanian ini sangat penting bagi kemajuan bersama. “Saya mengajak semua pihak untuk bersinergi mensukseskan program pemerintah dalam merealisasikan ketahanan pangan demi kepentingan bangsa dan negara. ” pungkas Dandim

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Ter Rem 051/Wkt Letkol Arm Joko Triyanto,S.pd., Kasdim 0509/Kab.Bekasi Mayor Inf Agus Tri Tunggal, Pasi Wanmil Rem 051/Wkt Mayor Inf Fendi Ta’au, Perwira jajaran Kodim 0509/Kab.Bekasi, ‎ Kepala Pusat KHN Ir.Armojo, Kadistan Kab.Bekasi A. Karni, Badan Karantina Pertanian Abi Said Hudri, serta Perwakilan ‎Petani dan Pedagang Se-Kab. Bekasi

Check Also

Danramil 04/KS Bersama Tri Pilar Hadiri Launching Timsus Penindak Pelanggar Prokes Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas

Kodam Jaya – Jakarta utara. Komandan Rayon Militer 04/KS, Mayor Inf Ali Anwar Faola bersama …