Home / Berita Satuan / Kepedulian Serda Wiyono Gugah Kesadaran Warga Tidak Buang Sampah di Kali Utan Kayu Jakarta Pusat

Kepedulian Serda Wiyono Gugah Kesadaran Warga Tidak Buang Sampah di Kali Utan Kayu Jakarta Pusat

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di Kali Utan Kayu, yang melintasi Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, ternyata dapat dikategorikan masih rendah. Padahal sudah sering terjadi air kali ini meluap terutama saat turun hujan besar akibat tumpukan sampah yang menghambat laju aliran air ke laut.

Kenyataan ini dibuktikan masih ditemukannya sampah rumah tangga yang bertebaran di sepanjang kali dan memaksa petugas kebersihan dari instansi terkait untuk siap sedia membersihkannya.

Secara rutin maupun insidentil, petugas kebersihan gabungan dari Kantor Kecamatan, Kelurahan, Koramil dan warga serta anak sekolah selalu melakukan pembersihan kali yang dinormalisasi Pemprov DKI Jakarta Tahun 2015 lalu ini.

Adalah Serda Wiyono, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Kemayoran Kodim Jakarta Pusat, yang peduli menggugah kesadaran masyarakat di wilayah binaannya. Pada kegiatan kerja bakti massal tingkat Kecamatan Kemayoran untuk membersihkan Kali Utan Kayu, Serda Wiyono turut menyisir sampah di sepanjang kali.

Terlihat Wiyono berdiri di atas jembatan apung dan memegang alat pengangkat sampah berbentuk jala bergagang besi yang digunakannya mengambil sampah yang lewat di depannya.

Selain itu, Wiyono bersama warga juga menaiki sampan untuk menjaring sampah di sepanjang aliran kali tersebut. Wiyono berharap aksi bersih-bersih yang dilakukannya bersama petugas dapat menggugah kesadaran warga masyarakat. “Dengan gerakan bersih-bersih kali ini, saya mengajak warga untuk tidak membuang sampah di kali, karena selain mencemari kali juga bisa menimbulkan masalah jika turun hujan nantinya,” harap Wiyono, di lokasi, Minggu (23/6/19).

Kegiatan bersih-bersih ini merupakan program rutin Pemkot Kota Administrasi Jakarta Pusat beserta seluruh jajaranya di tiap Kecamatan. Kali ini, aksi bersih-bersih dipimpin langsung oleh Camat Kemayoran Asep Mulyaman.

Dalam sambutannya, Camat menyampaikan, kegiatan ini serentak dilakukan di tiap Kecamatan. “Kami ingin lingkungan kali di wilayah Kemayoran semakin bersih dan warganya memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah ke dalam kali,” harap Asep Mulyaman.

About redaksi