Home / Bersama Melawan Covid 19 / Kesiapan Tower 5 Yang Diperuntukan Pasen Isolasi Mandiri

Kesiapan Tower 5 Yang Diperuntukan Pasen Isolasi Mandiri

RS Darurat Covid – Wisma Atlit Kemayoran Jakarta. Sejauh mana kesiapan Tower 5 yang diperuntukan khusus menampung pasen yang melaksanakan isolasi mandiri, hal ini dijekaskan oleh Letkol Laut drg. M Arifin,Sp.Ort dalam konfrensi pers di RS Darurat Covid Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Tower 5 yang berada dilingkungan Wisma Atlet merupakan menara tambahan saat dipersiapkan untuk tempat isolasi dan pengobatan khusus bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau OTG.

Adapun alur atau proses masuknya pasen OTG, dokter Arifin menjelaskan, “Terhadap pasen OTG yang akan dirawat di Wisma Atlet tidak spontanitas, mereka terlebih dahulu harus mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan setempat, rujukan dari Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat, atau di kantor yang terdapat poliklinik, minimal seperti itu”, jelasnya.

“Kapasitas Tower 5 sebanyak 886 kamar terdiri dari 1.772 bed tempat tidur, dalam satu kamar dirancang untuk dua pasien, tetapi pada dasarnya dalam satu kamar tersebut mampu menampung tiga tempat tidur, karena tidak menutup kemungkinan apabila terjadi klaster keluarga, dan mereka menginginkan satu kamar, hal ini tidak masalah”, ujarnya dokter Arifin.

Lebih lanjut Letkol Arifin menuturkan, “Kesiapan Tower 5 diupayakan besokpun bisa dibuka dan menerima pasen apabila sudah lengkap semua perangkatnya serta sudah mendapat petunjuk serta persetujuan dari pimpinan”, pungkasnya.

Usai memberikan keterangan pers, juga dilaksanakan simulasi penerimaan pasen Covid-19 di Tower 5, untuk meyakinkan kesiapan Tower 5 berikut perangkatnya, simulasi dimulai dari tahap proses penerimaan sampai dengan mengarahkan pasen ke kamar tempat dilaksanakannya Isolasi Madiri.

Check Also

Sinergisitas TNI-Polri Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya Adakan Bakti Sosial Bersama

Sinergisitas TNI-Polri dalam menghadapi wabah Covid-19 terus dilakukan kali ini Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko …