Home / Berita Satuan / Ketua Persit Kodim 0502/Jakarta Utara Gandeng YKPI Gelar Pemeriksaan Mamografi Untuk Tingkatkan Kesehatan Istri Prajurit

Ketua Persit Kodim 0502/Jakarta Utara Gandeng YKPI Gelar Pemeriksaan Mamografi Untuk Tingkatkan Kesehatan Istri Prajurit

Kodam Jaya – Jakarta Utara. Ketua Persit KCK Cab XVI kodim 0502 Koorcab Rem 052 PD Jaya Ny. Lizabeth Aya Sophia bekerjasama dengan YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) melaksanakan pemeriksaan Mamografi terhadap Istri prajurit Kodim 0502/JU di Makodim 0502/JU Jl. Yos Sudarso Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).

Kanker payudara merupakan penyebab kematian pertama terbesar bagi wanita saat ini. Namun, angka kematian sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan deteksi dini, terutama Mamografi. Mamografi merupakan suatu penyinaran menggunakan sinar X dosis rendah untuk memberikan gambaran payudara secara detail. Mamografi memiliki peranan yang penting dalam menurunkan angka kematian sebesar 20 persen pada dekade terakhir karena perannya dalam mendeteksi dini adanya sel kanker, bahkan sebelum muncul benjolan.

Dalam sambutanya Ny. Lizabeth Aya Sophia menyampaikan bahwa sudah 4 bulan dinas di Kodim 0502/JU dan baru kali ini kita semua bisa bertatap langsung, Pertemuan kali ini diisi dengan sosialisasi deteksi dini kanker payudara dan pemeriksaan mamografi, kita harus bersyukur karena Ibu Linda Agum Gumelar pada hari Jum’at kemarin sudah berkenan bertemu dengan kita dan memberikan penawaran yang sangat luar biasa kepada kita untuk pemeriksaan mamografi secara gratis”.

Kita pergunakan fasilitas terbaik ini untuk kesehatan kita, ibu-ibu jangan merasa takut dan malu ada yang tidak mau ketahuan, perlu ibu-ibu ketahui saya adalah penyintas kanker payudara stadium 2. Pada awal Januari 2019 saya melakukan treatment radiasi selama 30 kali sampai bulan Februari 2019 dan Alhamdulilah dinyatakan sehat oleh dokter, imbuh Ketua Persit Kodim 0502 yang kesehariannya aktif sebagai pengurus YKPI.

Pemeriksaan mamografi salah satu upaya untuk mengetahui secara dini terhadap adanya lesi/kelainan pada payudara. Deteksi dini kanker payudara dengan mamografi dilakukan pada usia diatas 40 tahun, dibawah 40 tahun dilakukan deteksi dini kanker payudara dengan USG, hal ini dikarenakan pada usia dibawah 40 tahun jaringan payudara masih padat sehingga berakibat kurang tampak jelas bila ditemukan suatu kelainan, lanjut Ny. Lizabeth Aya Sophia.

Sementara itu dr. Rinilda Caesar dalam pengarahannya sebelum pelaksanaan kegiatan mengatakan, Mamografi adalah proses pemeriksaan payudara manusia yang menggunakan sinar-X dosis rendah (umumnya berkisar 0,7 mSv) dan Mamografi digunakan untuk melihat beberapa jenis tumor yang mana telah terbukti dapat mengurangi mortalitas akibat kanker payudara.

Para istri Prajurit dan PNS Kodim 0502/JU sangat dilihat dari banyaknya peserta yang ikut mengantri di mobil Mamografi milik YKPI.