Home / Berita Satuan / Ketua Poktan : Babinsa Sangat Membantu Kesulitan Dilahan Sawah

Ketua Poktan : Babinsa Sangat Membantu Kesulitan Dilahan Sawah

Kodam Jaya – Kabupaten Tangerang. Dalam rangka ketahanan pangan kegiatan Pendampingan Upsus Swasembada Pangan Koramil 11/Pasar Kemis, Kodim 0510/Tigaraksa, Korem 052/Wijayakrama, membantu menyemprot hama padi disawah. Selasa (20/02/2018).

Hama pada tanaman padi dapat mempengaruhi hasil produksi tanaman padi saat masa panen tiba. Jika hama tidak segera ditekan perkembangannya sudah barang tentu tanaman padi akan terganggu dan tidak jarang membuat petani gagal panen.

Untuk memberantas hama pada tanaman, Babinsa Desa Wanakerta Koramil 11/Pasar Kemis Serka Bawon melakukan pendampingan kepada petani melakukan penyemprotan hama. Kegiatan ini juga melibatkan ketua kelompok tani di Kampung Kawaron Girang Rt 05/04 Desa Wanakerta Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang.

“Penyemprotan di lahan milik Subur, yang memiliki luas sekitar 3000 Meter dan ditanami padi jenis Ciherang mempunyai tujuan untuk mengantisipasi hama ulat maupun wereng. Selain itu juga dapat memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput pengganggu yang biasanya tumbuh di sekitar tanaman padi,” tegas Serka Bawon.

Sertu Bawon mengajak para petani proaktif dalam menanggulangi serangan hama ulat maupun hama tanaman lain seperti walang sangit dan tikus. Babinsa juga menghimbau kepada petani agar melakukan penyemprotan secara berkala dan serentak agar hama tidak berpindah pada lahan sawah yang ada di sekitarnya. Selain itu disarankan agar dosis penyemprotan sesuai dengan arahan dari PPL.

“Harapan petani dengan pendampingan penyemprotan tanaman padi oleh Babinsa, maka setiap kesulitan yang dihadapi dilapangan dapat diatasi. Tanaman padi kamipun terhindar dari hama dan penyakit sehingga produksi padi nantinya akan terus meningkat,“ pungkas ketua Poktan.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …