Home / Berita Satuan / Kodam Jaya Gelar Launching Karya Bakti Pemeliharaan Sungai dan Situ Sejabodetabek

Kodam Jaya Gelar Launching Karya Bakti Pemeliharaan Sungai dan Situ Sejabodetabek

Kodam Jaya – Bekasi. Menindaklanjuti kerjasama Kodam Jaya dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) terkait pemeliharaan situ dan sungai di Jabodetabek, Kodam Jaya menggelar Launching Karya Bakti di Plaza Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Senin (16/7/18).

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky yang mewakili Pangdam Jaya membuka acara tersebut. Aster Kasdam Jaya menjelaskan bahwa kerjasama ini akan berlangsung selama 100 hari. “Kita mengerjakan ini selama seratus hari, salah satunya Situ Rawa Bebek di Kota Baru ini yang juga merupakan batas antara Bekasi dan Jakarta Timur, di sini kita membersihkan sedimen dan sampah yang kubikasinya nanti dapat diisi air yang ada di situ ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Aster mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan pemeliharaan 9 sungai dan 4 situ kerjasama Kodam Jaya dengan BBWSCC. “Bersamaan dengan pembersihan Situ Rawa Bebek ini, juga dilakukan pembersihan Situ Bahar Di Depok dan Kali Sunter di Jatiwarna. Besok kita akan tambah tiga lagi, Dalam minggu ini diharapkan seluruh proyek sudah masuk ke titik-titik pekerjaan,” tambahnya.

Aster manambahkan, dana yang digunakan untuk pekerjaan tersebut berasal dari APBN 2018 dengan BBWSCC sebagai pelaksana Kementerian PUPR. Selain itu Kementerian Kehutanan juga mengalokasikan dana untuk pengadaan pohon yang nantinya akan ditanam di sekitar sungai dan situ yang sudah  dibersihkan. “Kita juga sudah mendapatkan pohon dari Kemenhut,nantinya akan ditanam di sekitar sungai atau situ untuk mencegah abrasi,” jelas Aster.

Terkait pemeliharaan sungai dan situ tersebut, Kodam Jaya  akan mengajak pemerintah setempat agar gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai atau situ. “Itu nanti ada sosialisasinya kepada masyarakat oleh Babinsa, pemerintah setempat dan Binmas. Sosialisasinya agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, sehingga terwujud saling sinergi antara aparatur pemerintah dengan masyarakat setempat,” tambahnya.

Aster berharap, situ dan sungai yang sudah bersih nantinya, dapat menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat. “Ini akan meningkatkan nilai ekonomis warga sekitar sungai dan situ, sehingga saya berharap masyarakat juga ikut bertanggungjawab dengan budaya hidup bersih,” pungkasnya.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto tiba di lokasi usai acara pembukaan dan langsung meninjau pekerjaan normalisasi Situ Rawa Bebek yang berada di wilayah Koramil 01/Kranji Kodim 0507/Bekasi.

Hadir dalam kegiatan ini, Kabag Pembangunan Hudi Wijanarko, pihak BBSWCC, Dandim 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan, Danramil 01/Kranji Mayor Inf Rahmat Triono, Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kadis PUPR Kota Bekasi, Camat Bekasi Barat Muhamad Bunyamin, Lurah Kota Baru, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna,PKK, LPM dan BKM Kelurahan Kota Baru.

Check Also

Danrem 052/Wkr Menerima Pejabat Baru Jajaran Korem 052/Wkr

Kodam Jaya – Tangerang. Tradisi Corps penerimaan warga baru merupakan kegiatan yang biasa dilaksanakan di …