Home / Berita Utama / Kodam Jaya Gelar Sholat Idul Fitri 1440 Hijriah

Kodam Jaya Gelar Sholat Idul Fitri 1440 Hijriah

Kodam Jaya – Jakarta. Kodam Jaya/Jayakarta menggelar Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah / 2019 Masehi, di Lapangan Jayakarta, Makodam Jaya, Jakarta, Rabu (5/6) pagi.

Kegiatan rutin tahunan ini merupakan bentuk kesertaan Kodam Jaya menyediakan tempat bagi umat Islam untuk menunaikan Sholat Idul Fitri sekaligus sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan Rakyat khususnya anggota Kodam Jaya dengan masyarakat sekitar markas Kodam Jaya.

Dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri kali ini, Kodam Jaya menghadirkan Letkol Inf Drs. H. Abd. Qohar sebagai Imam dan Khotib. Dalam khutbahnya yang bertemakan ‘Jadikan Hikmah Idul Fitri 1440 H/ 2019 M Sebagai Refleksi Nilai Puasa dan Makna Idul Fitri dalam Memelihara Persatuan dan Semangat Pengabdian,’ H. Abd. Qohar menyampaikan bahwa momentum Idul Fitri kiranya menjadi saat yang paling tepat untuk melakukan aktualisasi nilai-nilai ibadah Ramadhan untuk lebih jernih dan arif dalam merespon realitas yang terjadi.

Oleh karenanya, Ia mengajak umat Islam mampu menggelorakan semangat kebersamaan, persaudaraan dan silaturahmi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Karena Ramadhan telah mengajarkan ikatan kebersamaan yang kuat dan rasa senasib sepenanggungan dalam tempaan rasa lapar dan haus,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa Idul fitri tidak hanya sekedar hari raya umat Islam yang secara sosiologis menjadi fenomena budaya setiap bulan Syawal, tetapi menurutnya, ldul Fitri lebih merupakan harapan dan sekaligus optimisme dalam melahirkan manusia baru yang tercerahkan. “Yaitu manusia kembali pada esensi dasar kemanusiaannya yang mulia dan terhormat,” urainya.

Secara khusus, H. Abd. Qohar mengajak umat Islam untuk lebih memahami bahwa ibadah dalam Islam tidaklah semata diwujudkan dalam pelaksanaan shalat, zakat, puasa Ramadhan dan menunaikan haji (Ibadah Mahdhoh), tetapi menurutnya, ruang ibadah meliputi segala bentuk pekerjaan dan ucapan yang dicintai dan disukai Allah dan Rasul-Nya. “Allah SWT menyukai kerja keras, maka bekerjalah dengan sunggung-sungguh karena itu adalah ibadah,” imbuhnya.

Kepada Prajurit dan PNS Kodam Jaya beserta keluarganya, H. Abd. Qohar juga mengajak untuk menanamkan pemahaman bahwa membela negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI adalah bentuk ibadah dan sikap cinta tanah air. Sikap ini telah ditunjukkan Rasulullah SAW terhadap kota Mekah dan Madinah. “Pesan ini menjadi perlu dihayati agar dalam jiwa segenap Prajurit dan PNS Kodam Jaya beserta keluarganya, tumbuh sikap amanah dan tidak ragu menunaikan tugas,” ajaknya.

Tampak warga masyarakat berbaur menjadi satu dengan Prajurit dan PNS Kodam Jaya dalam kekhusyukan menunaikan Sholat Idul Fitri. Turut mengikuti ibadah ini, diantaranya Irdam Jaya, Ketua Persit KCK PD Jaya Ibu Atiek Eko Margiyono, para Asisten dan Kabalak Kodam Jaya serta Pengurus Persit KCK PD Jaya.

About redaksi