Home / Berita Satuan / Kodam Jaya Gelar Upacara Hari Lahir Ke-74 Pancasila

Kodam Jaya Gelar Upacara Hari Lahir Ke-74 Pancasila

Kodam Jaya – Jakarta. Irdam Jaya Kolonel Inf Rifky Nawawi, mewakili Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir ke-74 Pancasila di Lapangan Upacara Makodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (1/6).

Membacakan amanat tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hariyono, Irdam Jaya mengatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Lanjutnya, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. “Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Dalam memperingati Hari Lahir ke-74 Pancasila kali ini lanjutnya, diharapkan semua yang hadir membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. “Sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” tegasnya.

Diakhir sambutannya Irdam Jaya menuturkan, melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‘politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” pungkasnya.

About redaksi