Home / Berita Satuan / Kodam Jaya Gelar Upacara Tujuh Belasan, Bacakan Amanat Panglima TNI

Kodam Jaya Gelar Upacara Tujuh Belasan, Bacakan Amanat Panglima TNI

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Kapok Sahli Pangdam Jaya, Kolonel Inf Agus Gunawan memimpin atau menjadi Insepektur Upacara Tujuh Belasan di Lapangan Jayakarta, Kodam Jaya, Jakarta Timur, Kamis (18/4/19).

17 April 2019 dinyatakan sebagai hari libur nasional dimana berlangsung Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Indonesia, maka upacara yang rutin digelar tanggal 17 setiap bulannya itu, akhirnya digelar keesokan harinya.

Upacara Tujuh Belasan ini diikuti para Perwira Ahli Pangdam Jaya, para Asisten, para Kabalak, LO AL dan LO AU serta ratusan prajurit dan PNS Kodam Jaya. Karena banyak prajurit Kodam Jaya terutama para Bintara dan Tamtama yang masih melaksnanakan tugas pengamanan Pemilu, sehingga jumlah peserta upacara lebih sedikit dari biasanya, namun demikian upacara tetap berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Dalam kesempatan itu, Kapok Sahli Pangdam Jaya, Kolonel Inf Agus Gunawan membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. Dalam amanatnya, Panglima TNI menyampaikan bahwa 17 April 2019 merupakan tonggak strategis bagi bangsa dan negara Indonesia, dimana Pemilu serentak telah dilaksanakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif, dari tingkat pusat hingga tingkat Kabupaten/Kota.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengapresiasi pesta demokrasi berlangsung aman, dimana tidak terlepas dari peran serta seluruh prajurit dan PNS TNI, baik itu sebagai bagian dari komponen bangsa, maupun bagian dari TNI sebagai sebuah institusi. “Oleh karena itu, saya menyampaikan penghargaan yang tulus dan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS TNI, di manapun berada dan bertugas,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI juga berharap, tahapan Pemilu selanjutnya bisa berjalan sukses dan masih membutuhkan peran TNI bersama seluruh komponen bangsa untuk mengawalnya hingga seluruh tahapan selesai. “Saya perintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk tetap melaksanakan tugas sesuai fungsi dan tanggung jawab masing-masing,” tegas Panglima TNI.

Untuk itu, dirinya meminta jajarannya untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan secara dini. “Tingkatkan terus kepekaan, kepedulian dan kesiapsiagaan. Kedepankan upaya cegah dini dan deteksi dini untuk mengamakan jalannya proses pesta demokrasi. Terus pelihara semangat dan kondisi mental serta fisik, supaya dapat menjalankan tugas secara prima,” pungkasnya.

Check Also

Sertu Yulianto Lakukan Giat Monitoring di Pos Siskamling Perumahan Taman Kota

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Babinsa Koramil 07/KB Sertu Yulianto mengunjungi beberapa Pos Siskamling yang …