Home / Berita Utama / Kodam Jaya Laksanakan Tactical Floor Game (TFG) Dalam Rangka Antisipasi Bencana Banjir Di Wilayah DKI Jakarta

Kodam Jaya Laksanakan Tactical Floor Game (TFG) Dalam Rangka Antisipasi Bencana Banjir Di Wilayah DKI Jakarta

Kodam Jaya – Cililitan. Kodam Jaya laksanakan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka antisipasi bencana banjir di wilayah DKI Jakarta, TFG diikuti seluruh unsur Komandan Satgas, baik TNI-Polri, BMKG, SAR serta bekerja sama dengan aparatur jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bertempat di Aula Sudirman Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta timur, Rabu (18-11-2020).

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E.,M.M dalam sambutannya menyampaikan, latihan TFG ini untuk melatih koordinasi antar instansi sehingga pelaksanaan sebenarnya nanti dapat dilaksanakan secara maksimal, kita ketahui bersama bahwa acaman bencana banjir terus menghantui dan berdampak serius terhadap terganggunya roda perekonomian masyarakat dan mengakibatkan kerugian harta benda, kerusakan sarana prasarana publik dan bahkan menelan korban jiwa.

Pangdam Jaya juga menyampaikan TFG ini merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur efektifitas, keterpaduan konsep pelaksanaan operasi yang dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam rangka keberhasilan tugas pokok.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pangdam berikan penekanan dan atensi untuk dipedomani seluruh peserta TFG.

Pertama : Pahami, kuasai dan laksanakan dengan baik tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Kedua : Pegang teguh disiplin dan patuhi rantai Komando agar pelaksanaan tugas dapat terlaksana dengan lancar, efektif dan efisien.
Ketiga : Jalin sinergi yang baik antar unsur Komandan Satgas untuk memudahkan koordinasi dan kerjasama dari level paling atas sampai prajurit di lapangan.
Keempat : Jaga selalu faktor keamanan dan keselamatan, jangan sampai terjadi hal-hal berpotensi merugikan materiil bahkan korban jiwa.

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang menginisiasi kegiatan TFG ini, “Jakarta memiliki tantangan memasuki musim hujan, hal ini adalah satu langkah maju”, tutur Anis. Lanjut, Gubernur DKI menyampaikan, “Kita lebih siap dalam menghadapi musim hujan yang akan datang, kita perlu antisipasi mudah-mudahan TFG ini dapat dilakukan simulasi-simulasi mengantisipasi dalam menghadapi situasi nantinya, serta berharap komponen yang ada di Ibu Kota bisa bekerja bersama dengan baik, untuk mensinkronkan seluruh sumber daya yang ada, sehingga kita lakukan secara bersama-sama di Jakarta ini”, tutup Gubernur DKI Jakarta.

Acara TFG berjalan dengan simulasi dan kesiapan masing-masing satgas sesuai dengan skenario yang akan dihadapi, serta memberikan tanggapan dan diskusi pada pelaksanaannya. Giat TFG ini tetap memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang sudah di tetapkan.

Check Also

Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Bintara PK TNI AD Otsus OAP Pria TA 2020

Kodam Jaya – Rindam Jaya Condet Jakarta Timur. Danrindam Jaya Kol Inf Prasetyo dengan resmi …