Home / Berita Satuan / Kodam Jaya Latih Komponen Cadangan Ikuti Upacara HUT Ke-74 TNI

Kodam Jaya Latih Komponen Cadangan Ikuti Upacara HUT Ke-74 TNI

Kodam Jaya – Kemayoran. Sebanyak 104 anggota Perlawanan Rakyat (Wanra) binaan Kodam Jaya, mengikuti latihan parade dan defile di Area PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Sebagai Komponen Cadangan (Komcad), anggota Warna ini sengaja dipersiapkan Kodam Jaya untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 TNI Tahun 2019. Mereka berasal dari perwakilan anggota Wanra dari Kodim-Kodim jajaran Kodam Jaya, yakni 32 orang dari Kodim Jakarta Pusat, 26 orang dari Kodim Jakarta Utara, 27 orang dari Kodim Jakarta Barat serta 19 orang dari Kodim Jakarta Timur.

Latihan ini dipimpin Kaur Komsos Kodim Jakarta Pusat, Kapten Arm Tedi Susanto serta 6 pelatih yakni Peltu Mustajab, Pelda Sunarto, Pelda Ahmad Rodi, Serka Solikhin, Sertu Budi dan Serda Agung.

Latihan kali ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB dengan materi PBB seperti sikap sempurna, sikap istirahat, penghormatan, lencang kanan, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, dan periksa kerapihan serta gerakan berjalan.

Dipilihnya area PRJ sebagai tempat latihan, menurut Kapten Arm Tedi Susanto, karena selain sudah sering digunakan, tempat ini juga cocok untuk melatih kekuatan dan stamina Wanra. “Tempat ini sudah beberapa kali digunakan untuk latihan dan ini atas perintah dari Kodam Jaya (Sterdam). Cuaca di sini cukup terik, sehingga bagus untuk melatih stamina,” jelasnya.

Lanjut Tedi, meski cuaca terik, tapi tidak menyurutkan semangat para Wanra berlatih. “Mereka tetap bersemangat meski sinar matahari menyengat. Inilah bentuk Bela Negara, dengan bimbingan dan tempaan dari TNI, mereka berlatih maksimal,” imbuhnya.

Tedi berharap, latihan yang dilakukan ini dapat memberikan hasil maksimal saat pelaksanaan nanti. “Diharapkan penampilan pasukan parade dan defile Komcad Wanra Kodam Jaya dalam HUT ke-74 TNI, bisa maksimal sesuai keinginan pimpinan,” harap Tedi.

Secara terpisah, Dandim Jakarta Pusat, Letkol Inf Wahyu Yudhayana menyampaikan, pelatihan kepada Wanra merupakan bentuk pembinaan untuk memelihara kesigapan, kesiapsiagaan dan kepekaan terhadap setiap ancaman, gangguan hambatan dan tantangan di wilayah Jakarta Pusat. “Ini bentuk aplikasi warga negara dalam mencintai tanah air, bangsa dan negara,” kata Dandim.

Dandim menambahkan, para Komcad Wanra ini secara sukarela, setia dan terpanggil untuk menjaga keamanan wilayah bersama TNI di Koramil. “Anggota Wanra bangga terpilih untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 TNI Tahun 2019,” tutup Dandim.

About redaksi