Home / Berita Satuan / Kodim 0503/JB Laksanakan Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Natal Dan Tahun Baru

Kodim 0503/JB Laksanakan Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Natal Dan Tahun Baru

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Dandim 0503/JB Kol Kav Valian Wicaksono di dampingi Danramil 02/TB Kapten Arh Riyadi Triananto menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Jaya 2019 di lapangan Polres Metro Jakarta Barat Jln. Letjen S. Parman No.31, RT.11/RW.3, Kel. Slipi, Kec. Palmerah Jakarta Barat, Kamis (19-12-2019).

Kegiatan Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi dan Dandim 0503/JB Kol Kav Valiam Wicaksono. Pelaksanaan apel tersebut dilakukan Penyematan Pita Ops Kepolisian oleh Inspektur Apel Kombes Pol Hengki Haryadi kepada perwakilan yaitu Serda Yulianto (Kodim 0503 Jak-Bar), Bripda Naufal Aji (Polres Jak-Bar) dan Sdr. Arif N.H (Dishub) yang disaksikan sekitar 276 personil peserta apel.

Kombes Pol Hengki Haryadi menyampaikan rasa bangga kepada peserta apel karena kehadiran Komandan Kodim 0503 Jakarta Barat, Bpk. Walikota Jakarta Barat atau pun yang mewakili serta seluruh jajaran perwira Kodim 0503 Jakarta Barat dan jajaran Polres Metro Jakarta Barat yang telah datang dan ikut serta laksanakan Apel Gelar Pasukan Pam Ops Lilin Jaya 2019 di tempat ini dalam suasana yang penuh Hikmat.

Beliau juga membacakan amanat Kapolri yang menyampaikan bahwa apel gelar pasukan operasi lilin tahun 2019 pada hari ini Kamis 19 Desember 2019 diselenggarakan secara serempak yang bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Operasi tahun 2019 ini adalah operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 10 hari mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020 dengan titik fokus pengamanan adalah 61.000 308 objek di seluruh Indonesia baik Gereja, Tempat Wisata, Pusat Perbelanjaan, Pelabuhan, Stasiun Kereta Api dan Bandara.

Dalam pelaksanaannya operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.356 personil Polri 17.190 personil TNI serta 55.259 personal yang berasal dari instansi terkait antara lain Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan Instansi lainnya kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 1.792 Pos Pengamanan, 745 titik Pos Pelayanan dan Pos Terpadu.

Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan Preventif didukung kegiatan Intelijen berupa deteksi dini dan aksi-aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Berdasarkan prediksi yang harus kita antisipasi yaitu aksi terorisme konvensional, kemacetan lalu lintas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako konflik sosial dan tawuran bencana alam dan balap liar kebakaran, kriminal dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

Berkaitan dengan hal tsb kasatreskrim dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik perlawanan masing-masing daerah. Tutup Kombes Pol Hengki Haryadi.

Check Also

Peduli Kebersihan Pangkalan Mitra Bersama Anggota Babinsa Bersihkan Koramil 06/Cakung

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Dalam rangka menjaga kebersihan dan keindahan serta kenyamanan lingkungan Koramil, …