Home / Berita Satuan / Kodim 0504/JS Gelar Upacara Pemecatan Prajurit Terlibat Narkoba

Kodim 0504/JS Gelar Upacara Pemecatan Prajurit Terlibat Narkoba

Kodam Jaya – Jakarta Selatan. Kodim 0504/Jakarta Selatan menggelar Upacara Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) Prajurit Kodim 0504/JS yang berinisial IS bertempat di Lapangan Apel Makodim. Hal ini dilakukan sebagai suatu tindakan hukuman bagi oknum prajurit yang melakukan perbuatan pidana, Penyalahgunaan Narkoba. Jum’at (29/1/2021).

Komandan Kodim 0504/Jakarta Selatan, Kolonel Inf Ucu Yustiana bertindak selaku Inspektur Upacara, dalam sambutannya  mengatakan keputusan pemecatan ini harus diambil sebagai konsekuensi dari perbuatan yang telah dilakukan oleh yang bersangkutan. Hal ini Sudah merupakan komitmen dari pimpinan TNI, bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit TNI harus diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan penyalah gunaan Narkoba merupakan kasus berat yang terdapat dalam 7 pelanggaran berat dan tidak bisa ditolerir lagi.

Dandim juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin komplek maka mental dan moral dari seluruh prajurit adalah yang utama. Prajurit dan PNS  wajib mentaati aturan dan hukum yang berlaku di militer, jadikan upacara PDTH ini sebagai pembelajaran dan diharapkan ini tidak terulang lagi.

Lanjut, Dandin mengajak seluruh personel Kodim 0504/JS untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT agar senantiasa mendapat petujuk dan lindungan-Nya. Oleh sebab itu upacara pemecatan merupakan pelajaran agar tidak bertindak di luar ketentuan yang telah ditetapkan.

Lebih jauh Dandim menyampaikan, bahwa perbuatan IS telah memenuhi unsur pidana dengan hukuman tambahan pemecatan dari dinas militer.

“Kegiatan upacara PDTH ini juga menjadi bukti bahwa kami tidak tebang pilih dalam menindak kesalahan, TNI-AD sangat tegas terhadap seluruh anggota yang terlibat pelanggaran hukum pidana”, kata Dandim.

Oknum prajurit tidak hanya diproses sesuai Undang-Undang Militer yang berujung sanksi disiplin dan administrasi. Mereka yang terbukti melanggar pidana juga dijatuhi hukuman terberat berupa pemecatan dari dinas militer”, Tegas Dandim.(Sumber Kodim 0504/JS).

Check Also

Sekretaris Itjen TNI Dan Irdam Jaya Membuka Entry Brifing Pemantauan Dan Asistensi Wabku Kodam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Sekretaris Itjen TNI Brigjen TNI Fauzi Rusli. S.H, selaku …