Home / Berita Satuan / Kodim 0505/JT Gelar Sosialisasi Bahaya Radikalisme dan UU ITE

Kodim 0505/JT Gelar Sosialisasi Bahaya Radikalisme dan UU ITE

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Kodim 0505/Jakarta Timur menyelenggarakan sosialisasi bahaya radikalisme dan terorisme serta Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) di Aula Makodim 0505/Jakarta Timur Jln. Dr. Sumarno Pulogebang. Kamis (05/12/2019)

Paham Radikalisme, terorisme dan Undang-undang ITE yang merupakan salah satu ancaman nyata yang dapat berimplementasi pada dinamika ekonomi dan politik yang dapat menimbulkan guncangan opini masyarakat sehingga menciptakan rasa tidak aman pada masyarakat luas.

Sementara disisi lain, dengan maraknya penggunaan Gadget HP (Medsos) yang memberikan kemudahan mengakses berbagai informasi dan kemudahan menyebarluaskan berita, gagasan atau bahkan hasutan dan ujaran kebencian, serta penyampaian informasi yang menyesatkan (hoax), merupakan ancaman tersendiri yang dapat menimbulkan perpecahan dalam masyarakat.

Sebagai bentuk pencegahan paham radikal dan terorisme yang saat ini berkembang dan menjadi ancaman aktual bagi masyarakat Indonesia maka Dandim 0505/Jakarta Timur Kolonel Inf Mohammad Mahfud As’at S.I.P menyelenggarakan Sosialisasi.

Pada acara sosialisasi tersebut Dandim menyampaikan bahwa beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang dapat terjerumus ke dalam paham radikalisme dan terorisme dikarenakan dengan menyentuh idiologi cara pandang, kepribadian yang labil mudah terpengaruh komunitas yang mendukung. Hal itu bisa merusak kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Dandim menambahkan pada Giat sosialisasi ini bahwa Apkowil Korem, Kodim, Koramil dan seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kodam Jaya secara tegas menolak keberadaan jaringan dan paham radikal yang akan merusak keutuhan bangsa dan negara.

Dengan diberlakukannya UU ITE ini diharapkan kelurga besar Kodim 0505/Jakarta Timur dapat menyaring, memfilter setiap berita yang diterima dan juga jangan mudah menyebarluaskan berita yang belum tentu benar agar terciptanya kondisi kamtibmas aman kondusif diwilayah Jakarta timur.

Check Also

Kolaborasi Dengan Satpol PP Kodim 0502/JU Gelar Woro-woro Dan Bagikan Masker Kepada Warga

Kodam Jaya – Jakarta utara. PSBB ketat yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta sudah memasuki hari …