Home / Berita Satuan / Kodim dan Perum Jasa Tirta Bekasi Ajak Media Sukseskan Optimalisasi Fungsi Sungai

Kodim dan Perum Jasa Tirta Bekasi Ajak Media Sukseskan Optimalisasi Fungsi Sungai

Kodam Jaya – Bekasi Kota – Dandim 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan, S.H, M.Tr (Han) bersama bapak Adit ( PJT II) Bekasi sebagai pelaksanaan alisasi kegiatan Karya Bakti Optimalisasi Pengaliran Air Irigasi serta Air Baku Air Minum,  mengajak insan Media ( Pers ) untuk mensukseskan kegiatan optimalisasi sungai dan irigasi yang mengalami pendangkalan di wilayah Kota Bekasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Makodim 0507/Bks Jln Veteran no 60 Kel.Marga Jaya Kec.Bekasi Selatan Kota Bekasi. Selasa (07/08)

Untuk mengembalikan fungsinya, Kodim 0507/Bekasi bekerjasama dengan PJT II akan melakukan pembersihan kali Bekasi melalui kegiatan karya bakti skala besar dalam waktu dekat. Kodim Bekasi telah melakukan survei ulang di aliran sungai, sekaligus melakukan koordinasi dengan semua unsur terkait dan berupaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang akan terkena dampak kegiatan pembersihan kali Bekasi.

Dandim 0507/Bks menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Bekasi dipercaya untuk mendukung pelaksanaan  kegiatan Internasional yaitu Asian games.  Salah satu Stadion yaitu stadion Chandra Baga ditunjuk sebagai salah satu tempat dilaksanakannya pertandingan sepak bola. “Mari kita sama – sama mendukung Asian Games dengan mensukseskan kegiatan optimalisasi aliran sungai dan irigasi di wilayah kita. Kita berharap Bekasi menjadi kota yang nyaman, indah dan bersih,” ajak Dandim kepada media.

Selain itu Dandim juga menjelaskan bahwa aliran sungai dan irigasi adalah faktor penting bagi warga Bekasi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan air dalam kehidupan sehari –  hari. “Kelancaran aliran sungai dan irigasi sangat membantu kita dalam mencukupi kebutuhan air sebagai kebutuhan hidup ataupun pengairan bagi lahan pertanian di Bekasi,” tambah Dandim.

Bapak Adit dari PJT II Bekasi memaparkan kepada para insan pers bahwa pihaknya sudah melakukan survei di beberapa titik yang rencana akan dilakukan Optimalisasi. Hasil survei yang dilakukannya dijadikan alasan perlunya dilakukan optimalisasi. “Latar belakang mengapa kami harus melakukan optimalisasi adalah tingginya tingkat sedimentasi endapan lumpur yang ada di dasar saluran sehingga mengurangi debit air. Sungai di Bekasi  saat ini juga mengalami pencemaran baik limbah plastik dan sampah masyarakat sehingga dasar saluran sungai menjadi dangkal. Dengan optimalisasi diharapkan dapat mengembalikan Fungsi saluran ke posisi semula ( Normalisasi ) atau menghaluskan kondisi saluran menjadi Normal,” jelas Adit.

Insan Pers Kota Bekasi menyambut baik program Kodim 0507/Bks bersama PJT II Bekasi yang bekerjasama melakukan optimalisasi aliran sungai dan irigasi. Media akan mempublikasikan kegiatan tersebut dan mengajak masyarakat turun langsung mesukseskan kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan khususnya sungai dan irigasi di wilayah Bekasi.

Check Also

Koramil 07/Pondok Aren Gelar Operasi Yustisi di Jurang Mangu

Kodam Jaya – Tigaraksa. Upaya dalam memutus penyebaran virus Covid-19, Koramil 07/Pondok Aren Kodim 0506/Tgr …