Home / Berita Satuan / Kodim Depok Pelopori Gerakan Pelestarian Dan Reboisasi Situ Bojongsari

Kodim Depok Pelopori Gerakan Pelestarian Dan Reboisasi Situ Bojongsari

Kodam Jaya – Depok. Sebagai bagian dari struktur satuan teritorial atau kewilayahan, Kodim memiliki beragam tugas pokok dan fungsi. Misalnya saja turut menciptakan dan menjaga kebersihan dan keasrian wilayah binaannya.

Ini pula yang coba dilakukan oleh Kodim 0508/Kota Depok, terkait menjaga keasrian kawasan Situ Bojongsari, sekaligus memastikan fungsi resapan air situ tersebut berjalan dengan baik, lewat aksi bersih-bersih karya bakti Kodim 0508/Kota Depok di Situ Tujuh Muara, Bojongsari, Kota Depok, Minggu (1/4).

Selain aksi bersih-bersih tanaman Eceng Gondok yang memenuhi situ seluas 24 hektar tersebut, kegiatan hari ini juga diikuti dengan aksi penanaman pohon dan penyemaian bibit ikan.

Aksi bersih-bersih Situ Bojongsari ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Walikota Depok K.H Dr. Mohammad Idris, M.A, didampingi Dandim 0508/Kota Depok Letkol Inf. R. Moch. Iskandarmanto, S.E, serta diikuti ratusan peserta yang terdiri dari personel Kodim 0508/Kota Depok, Tagana Kota Depok, Pokdarwis Situ Bojongsari, Komunitas Sahabat Situ, Saka Wira Kartika, PNS dinas terkait hingga Karang Taruna serta organisasi pemuda dan masyarakat setempat.

“Kami mengapresiasi sekali perhatian serta gagasan Dandim 0508/Kota Depok terkait kondisi Situ Tujuh Muara Bojongsari. Tentunya kita harapkan situ ini yang juga berperan sebagai resapan bisa berfungsi dengan baik,” ujar Walikota Depok Mohammad Idris.

Sementara itu, Dandim 0508/Kota Depok Letkol Inf R. Moch Iskandarmanto menuturkan, pihaknya sudah lama merencanakan kegiatan ini, namun baru bisa terealisasi saat ini lantaran banyaknya kegiatan yang harus dikerjakan pihaknya.

“Ini merupakan bentuk kepedulian jajaran Kodim 0508/Kota, terhadap kondisi Situ Bojongsari serta keluhan masyarakat terhadap kondisi situ ini. Selain itu, sebagai resapan, kondisi situ ini harus dijaga keasriannya dan jangan sampai terjadi pendangkalan. Jika dirawat dan dijaga dengan baik, tentu sangat bermanfaat bagi warga sekitar dan masyarakat umum. Misalnya, bisa untuk rekreasi dan bersantai,” terang Abit Akmil 1999 yang lama berkarier di lingkungan Kopassus ini.

Mantan Dandodiklatpur Rindam Jaya/Jayakarta ini menambahkan, dalam kegiatan ini turut dilakukan penanaman 315 bibit pohon dan penyebaran 20 ribu benih Ikan Nila dan Ikan Mujair.

 “Masyarakat setempat dipelopori Babinsa di wilayah tersebut bertekad untuk rutin melakukan gotong-royong bersih-bersih menjaga kondisi Situ Tujuh Muara Bojongsari,” pungkasnya.

Check Also

7 Pelanggar Terjaring Operasi Yustisi Serentak Koramil 01/Koja Bersama Tripilar

Kodam Jaya – Jakarta utara. Babinsa Koramil 01/Koja Kodim 0502/JU bersama Tripilar gelar Operasi Yustisi …