Home / Berita Satuan / Kodim Jakarta Timur Gelar Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme

Kodim Jakarta Timur Gelar Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Kodim Jakarta Timur menggelar komunikasi sosial (Komsos) pembinaan masyarakat dari pengaruh radikalisme dan separatisme di Aula Kodim, Jakarta Timur, Rabu (25/9/19).

Pembinaan Komsos ini diikuti 110 orang perwakilan dari Hipakad, FKPPI, aparat Kelurahan/Kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, para pelajar dan mahasiswa.

Dandim Jakarta Timur Letkol Inf Muhammad Mahfut As’at menyampaikan, pembinaan Komsos cegah tangkal radikalisme dan separatisme ini akan memperkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila masyarakat. “Kegiatan ini bertujuan menjalin komunikasi harmonis untuk meningkatkan tali silaturahmi Prajurit Kodim Jakarta Timur dengan komponen masyarakat untuk mencegah dan menangkal pengaruh radikalisme dan separatisme,” ujarnya.

Dandim juga menyampaikan bahwa perbedaan menjadi tiang penyangga dalam persatuan dan kesatuan serta bukan masalah yang harus diperdebatkan dalam bingkai NKRI. ”Perbedaan adalah modal dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya,” jelasnya.

Radikalisme dan separatisme, lanjut Dandim selalu berupaya memecah belah NKRI, sehingga harus dicegah oleh seluruh komponen bangsa. “Kita cegah radikalisme dan separatisme di wilayah Jakarta Timur ini dengan antisipasi setiap warga, tokoh agama, tokoh masyarakat melalui sinergi bersama tiga pilar,” tegasnya.

Kepada generasi muda, Ia mengajak untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu yang mengadu-domba di media sosial. “Kita jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang tidak benar di media. Melalui kegiatan ini diharapkan, kita bisa menumbuhkan semangat untuk bersama-sama membina wilayah kita,” harap Dandim.

Check Also

Perpanjangan PPKM Mikro, Babinsa 02/Matraman Bersama Tiga Pilar Terapkan Prokes

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Babinsa Serda Yudhi bersama Tiga Pilar melaksanakan Kegiatan PPKM berbasis …